Connect with us

Ormas

Maklumat Muhammadiyah: Puasa 13 April, Lebaran 13 Mei

[JAKARTA, MASJIDUNA]-–Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1442 hijriah. Maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah diputusakan bahwa Ramadan jatuh Selasa Wage, 13 April 2021 M. Rilis maklumat disampaikan Rabu (10/2/2021).

Dalam rilis disebutkan, ijtimak jelang Ramadan 1442 H terjadi pada hari Senin Pon, 12 April 2021 M pukul 09:33:59 WIB. “Di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam Matahari itu Bulan
berada di atas ufuk,” demikian bunyi maklumat.

Sementara 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis Wage, 13 Mei 2021 M. “Tinggi Bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam Matahari itu Bulan berada di atas ufuk.”

Itu berarti Bulan puasa hanya tinggal dua bulan lagi. Dalam ketetapnnya, Muhammadiyah menyebutkan dalam penentuan hari-hari penting menggunakan metode hisab. Dalam bidang fikih menyangkut penentuan waktu-waktu ibadah, hisab digunakan dalam arti perhitungan waktu dan arah tempat guna kepentingan pelaksanaan ibadah, seperti penentuan waktu salat, waktu puasa, waktu Idul Fitri, waktu haji, dan waktu gerhana untuk melaksanakan salat gerhana, serta penetapan arah kiblat agar dapat melaksanakan salat dengan arah yang tepat ke Kakbah.

Penetapan waktu dan arah tersebut dilakukan dengan perhitungan terhadap posisi-posisi geometris benda-benda langit, khususnya matahari, bulan, dan bumi yang digunakan untuk menentukan waktu-waktu di muka bumi dan arah.

(IMF/foto:muhammadiyah.or.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas