Connect with us

Ormas

Koperasi Kolaborasi NU Ranting Pacarpeluk dan Yayasan AHM Bukukan Laba Jutaan Rupiah

[JOMBANG, MASJIDUNA] – Koperasi Serba Usaha Kube NU Pacarapeluk, Megaluh, Jombang Jawa Timur menggelar Rapat Anggota Tahunan, MInggu (9/2/2020). Koperasi hasil kolaborasi Yayasan Astra Honda Motor (AHM) dan Pengurus Ranting NU Pacarpeluk ini dalam setahun terakhir ini mampu membukukan laba hingga jutaan rupiah.

Koperasi rintisan yang dikelola NU Pacarpeluk ini baru berusia satu tahun. Namun, di usia yang belia ini, KSU KUBe NU Pacarapeluk ini telah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Ini adalah koperasi yang didirikan dan digerakkan oleh jamaah dan jam’iyyah NU Pacarpeluk yang didukung penuh Yayasan Astra Honda Motor, “ujar Ketua Ranting NU Pacarpeluk Nine Adien Maulana ini dalam siaran pers yang diterima MASJIDUNA, Minggu (9/2/2020).

Unit usaha koperasi ini cukup variatif. Mulai dari pertanian, persewaan, peternakan, babershop, simpan pinjam hingga pembiayaan kemasaan produk makanan. Nine menyebutkan sektor riil digarap secara serius oleh koperasi ini.

“Pertanian semangka, pertanian pisang, persewaan scaffolding, penggemukan domba, pembiayaan kemasan produk, Barbershop, dan Simpang Pinjam adalah unit-unit usaha yang telah kita jalankan,” tambah mantan Ketua IPNU Komisariat Imam Bonjol, Kaliwates, Jember ini.

Koperasi yang baru beranggotakan 29 orang ini telah menampakan kinerja positifinya, Dalam kurun waktu setahun koperasi ini telah membukukan laba hingga jutaan rupiah. “Dari laba sebesar Rp 8 juta lebih ini,koperasi ini bisa memberikan Simpanan Hasil Usaha (SHU) kepada semua anggotanya. Jumlahnya memang tidak banyak, namun telah bisa dirasakan secara langsung manfaatnya oleh para anggotanya,” terang guru agama di SMA Negeri Jombang ini.

Memasuki tahun kedua, Nine menyebutkan pihaknya akan melakukan inovasi terkait iuran anggota. Menurut Nine, anggota koperasi tidak perlu membayar uang tunai untuk iuran wajib. “Tapi cukup dengan membayar sampah plastik kepada bank sampah kita,”, jelas Nine yang juga ketua KSU KUBe NUP Pacarpeluk ini.

Kegiatan yanhg digelar di beranda masjid Baitul Muslimin, Dusun Peluk, Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh ini juga dihadiri Fahrurozi Staf Dinas Koperasi dan IKM Kabupaten Jombang. Ia mengapresaisi kegiatan RAT KSU KUBe NU Pacarpeluk ini. “Ini luar biasa. Baru setahun beroperasi, koperasi ini bisa langsung menyelenggarakan RAT,” sebut Fahrurrozi.

[RAN/Foto: Dokumen NU Pacarpeluk]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas