Connect with us

Ragam

KolaborAksi Dompet Dhuafa & Halo Lawyer Bantu Advokasi Masyarakat Dhuafa

Zakat for justice.

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Dompet Dhuafa dan Halo lawyer menandatangani  kerjasama ‘Akses Keadilan Bagi Masyarakat Dhuafa’ pada Sabtu, (16/4/2022) di Gedung Filantropi, Jakarta Selatan. Kerjasama ini dilakukan untuk membuka akses terhadap keadilan (access to justice) seluas-luasnya bagi masyarakat.

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, Bambang Suherman mengatakan kasus ketimpangan keadilan kerapkali  kompleks untuk dikawal sendiri-sendiri. Karenanya,

Dompet Dhuafa mencoba merancang pengelolaan advokasi secara konsisten.

“Salah satunya  melalui akses pendampingan hukum bagi orang-orang yang tidak punya kekuatan untuk melawan hegemoni, yang banyak terjadi,” ujarnya melalui siaran persnya yang diterima Masjiduna, Minggu (17/4/2022).

Langkah tersebut menguatkan kesadaran Dompet Dhuafa memerlukan aliansi yang kuat dalam melakukan berbagai aksi kemanusiaan. Dia menegaskan komitmennya dalam pengentasan kemiskinan. Karenanya diperlukan pihak seperti Halo Lawyer yang mengambil tanggungjawab dalam membuka pinte akses keadilan.

Dengan begitu, peran advokasi menjadi lebih konkrit dan aksesnya terbuka seluas-luasnya. Sebagai informasi, penggunaan dana zakat untuk advokasi telah disetujui Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bagi pria yang juga menjabat Ketua Asosiasi Forum Zakat itu mengatakan,  menyalurkan dana zakat telah berjalan baik. Hanya saja masih dinilai belum maksimal. Karenanya pihaknya menggandeng Halo Lawyer agar dapat masuk ke akar atau penyebab kemiskinan struktural.

“Maka, hal yang demikian sangat strategis bagi lembaga zakat, yaitu untuk menyalurkan dana zakat dalam bentuk advokasi sehinga hasilnya lebih produktif untuk masyarakat ke depan” katanya.

Senada, General Manager Advokasi Dompet Dhuafa, Arif Rahmadi Haryono menambahkan,  kerjasama dengan Halo Lawyer dilakukan dengan harapan memperluas kemampuan Dompet Dhuafa dalam memberikan akses keadilan bagi yang membutuhkan.  Menurutnya, advokasi tak hanya fakir miskin dan dhuafa, tapi siapa saja yang kesulitan terhadap akses keadilan.

Menurutnya, dalam konteks Maqasid Syariah, ada lima perspektif yang tidak hanya soal ekonomi/harta yang dikejar. Tapi,  aspek lain seperti agama, akal, sosial, dan keturunan. Misal, terdapat seseorang yang tidak lemah karena harta. “Tapi lemah akses pada keadilan yaitu orang yang membutuhkan karena kondisinya mengharuskan demikian,” jelasnya.

Karenanya, Dompet Dhuafa memerlukan  jejaring yang lebih besar dan kuat. Sebab, kondisi semua  saat ini amat tidak ideal untuk beraktivitas normal. Dia menegaskan, Dompet Dhuafa bangga atas kolaborAksi tersebut. Sebab dengan begitu, bakal  memperluas jejaring dalam memberikan akses keadilan.

“Sehingga spektrum pembelaan kepada masyarakat semakin luas dan membutuhkan kontribusi kita,” katanya.

Sementara, Direktur Operasional Halo Lawyer, Dadang Tri Sasongko berpandapat,  kesulitan yang kerap dialami banyak orang  yang  tersandung hukum dalam mencari bantuan hukum. Menurutnya,  melalui platform Halo Lawyer, harapannya  dapat memberikan kemudahan masyarakat dimanapun untuk mengkonsultasikan permasalahan hukum yang mendera.

“Hari ini situasi jauh lebih berkembang, terutama Teknologi dan Komunikasi. Maka, penting bagi Halo Lawyer memperjuangkan agar teknologi ada untuk kepentingan publik. Kami berangkat dari ide mengoptimalisasi teknologi untuk kepentingan pemberian bantuan layanan hukum,” ujarnya.

Belum lagi, fakta bahwa 75% wilayah di Indonesia ketiadaan organisasi bantuan hukum menunjukkan bahwa secara geografis, orang-orang tidak punya akses layanan bantuan hukum. Karenanya hal tersebut menjadi persoalan akibat adanya kesenjangan wilayah yang berdampak menutup akses orang miskin dalam melindungi haknya.

“Maka, teknologi ini kami anggap sebagai jembatan yang menghubungkan masyarakat agar memperoleh keadilan,” jelasnya.

Layanan yang ada di Halo Lawyer dapat dijangkau oleh siapa saja, yang membantu agar lawyer profesional mudah didapatkan berdasarkan area terdekat, konsultasi online dengan respon cepat dan jitu, membantu layanan dokumen hukum, hingga edukasi hukum.

[Redaksi/Foto: istimewa]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ragam