Connect with us

Khazanah

Ini Cara Gratis Akses 8.000 Jilid dan 3.600 Judul Kitab

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Di era digital ini akses ilmu pengetahuan semakin mudah. Tak terkecuali dalam mengakses literatur Islam baik kitab klasik maupun kontemporer. Terlebih terdapat wakaf literasi sebanyak 8.000 jilid atau setara dengan 3.600 judul kitab. Bagaimana caranya?

Membaca dan menulis menjadi kunci literasi. Hal itu pula berlaku dalam mempelajari ilmu agama. Membaca merupakan aktivitas penting di tengah gempuran informasi yang berlimpah di berbagai platform digital. Di saat bersamaan, membaca menambah asupan pengetahuan yang sehat.

Hal itu pula ditangkap dengan baik oleh perpustakaan dalam jaringan (daring) melalui laman www.perpustkaanislamdigital.com yang berbasis di Jakarta. Perpustakaan yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini seperti melengkapi laman yang sebelumnya yang berbasis di luar negeri seperti waqfeya.com, miskat.net atau al-Mustofa.com. Pustaka daring versi Indonesia ini menyempurnakan pustaka digital sebelumnya.

“Berangkat dari kelebihan dan kekurangan masing-masing program, penulis mencoba merangkum beberapa kelebihan dari program yang ada sekaligus memberikan terobosan baru dengan menawarkan program yang rasanya bisa menjawab kebutuhan ummat,” tulis Ahmad Lutfi Fathullah, Tim Perpustakaan Islam Digital, sebagaimana dikutip MASJIDUNA melalui lamannya, Kamis (22/8/2019).

Seluruh kitab yang tersedia di situs ini, menurut Tim Perpustakaan Islam Digital, berasal dari www.waqfeya.com yang notabene situs yang beriis kitab yang memang diperuntukkan sebagai wakaf literasi. Dengan kata lain, tak ada lagi persoalan mengenai hak cipta.

Menurut pengelola, program ini dirancang untuk memudahkan para penikmat kajian Islam untuk dapat mengakses dengan mudah literatur ilmu keislaman secara gratis baik klasik maupun kontemporer. “Dengan bermodal tunjuk lalu klik, mereka sudah bisa membuka kitab yang diinginkan,” sebut Lutfi.

Di laman Perpustakaan Islam Digital ini terdapat pembagian kitab sesuai dengan keilmuwan secara rapi. Seperti kitab yang khusus membahas al-Qur’an, hadits, aqidah, fiqh, ushul fiqh, bahasa, akhlak dan tasawuf, dakwah, tarbiyah, sejarah, ensiklopedi serta ilmu-ilmu lainnya.

Jadi tunggu apa lagi, Anda ingin mengetahui lebih detail ilmu-ilmu keislaman dari para pakarnya, tinggal klik laman www.perpustakaanislamdigital.com sekarang juga. Baca kitab, baru berdakwah. [FAR]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah