Connect with us

Khazanah

Dampak Positif Wudhu Bagi Kesehatan Tubuh

[YOGYAKARTA, MASJIDUNA] — Berbagai gerakan shalat secara tak langsung memiliki makna manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab shalat sepertihalnya gerakan dalam berolahraga. Bahkan wudhu sebagai pembersih dari kotoran sebelum melaksanakan shalat memiliki dampak medis yang baik bagi tubuh.

Dokter Sagiran dalam karyanya yang dituangkan dalam buku berjudul ‘Gantung Wudhu’ menyebut sejumlah penelitian tentang manfaat wudhu. Antara lain dapat mencegah penyumbatan aliran darah yang berakibat pembusukan pada jari. Bahkan  meminimalisir tingkat infeksi yang disebabkan oleh bakteri streptococcus sp yang mengakibatkan amandel, infeksi kulit impetigo, sinusitis, dan meningitis.

Mantan anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah ini mengurai sebagian kecil dari penelitiannya terkait manfaat wudhu secara medis. Dia berpendapat, subjek penelitiannya berjumlah sepuluh orang. Lima orang pengamal salat tahajud yang merupakan santri di pondok pesantren. Sedangkan  lima orang lainnya bukan pengamal salat tahajud.

Dari tiap-tiap subjek tersebut diambil sampel saliva (air liur) untuk dihitung koloni bakterinya. Hasil analisis statistik yang dilakukan dokter Sagiran,  membuktikan pengamal salat tahajud memiliki rata-rata jumlah angka kuman yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang biasa yang tidak salat tahajud.

“Perbedaan koloni bakteri yang tumbuh luarbiasa banyaknya yang malamnya tidak tahajud. Bedanya apa? Ini terletak dari wudhu. Orang yang tahajud mesti wudhu dulu. Jadi masyaAllah, ini mukjizat dari Islam,”  ujarnya dalam acara Pengajian dan Syawalan 1442 Hijiriah Keluarga Besar Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (17/5) kemarin.

Menurutnya,  melalui penelitian tersebut memberikan informasi melalui wudhu dalam salah tahajud dapat mengontrol populasi angka kuman di rongga mulut. Tentu saja kuman yang dapat mencegah dari masalah-masalah kesehatan pada mulut seperti sakit tenggorokan dan radang gusi.

[KHA/Muhammadiyah/Ilustrasi:net]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah