Connect with us

Sosok

Buya Syafii Maarif, Sang Muazin Bangsa Meninggal Dunia 

[YOGYAKARTA, MASJIDUNA] – Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Muhammadiyah. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022).  

Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Tokoh senior Muhammadiyah Syafii Maarif yang akrab disapa Buya Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 di RS PKU Muhammadiyah Gamping.  “Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat  tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,” tulisan pesan tertanda Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir yang diterima MASJIDUNA.COM, Jumat (27/5/2022). 

Gurubesar Ilmu Sejarah di Universitas Negeri Yogykarta (UNY) itu memang beberapa waktu terakhir ini kondisi kesehatannya menurun. Sejumlah pihak, termasuk Presiden Jokowi juga pernah membesuk ke kediaman Buya Maarif yang berdomisi di Yogyakarta.  “Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya. Pemakaman dan lain-lain informasinya menyusul,” sambung Haedar. 

Buya Maarif, pada 31 Mei mendatang genap usia 86 tahun. Alumnus Ohia University ini dikenal sosok yang kuat dalam menyuarakan isu perdamaian, Islam dan integritas dalam berbangsa dan bernegara. Pendiri Maarif Institute ini juga dikenal berperilaku sederhana dan senantiasa menjaga integritas. Selamat jalan Sang Muazin bangsa. 

[RAN/Internet]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok