Connect with us

Ormas

Warung Gratis dari Aisyiyah Pringkuku

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Wabah corona yang melanda dunia saat ini membuat sebagian besar warga jatuh miskin. Di Indonesia, jutaan orang jadi pengangguran. Keluarga kehilangan pendapatan.

Hal itulah yang membuat Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, menyelenggarakan Warung Gratis 8 Hari. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian warga ‘Aisyiyah Pringkuku kepada para warga yang membutuhkan.

Menurut Ketua PCA Pringkuku Sri Hayati, ditengah pandemi yang ada perlu menumbuhkan sensitifitas sosial.

“Kita perlu galang kepedulian bersama dengan menyediakan bahan pangan gratis, dengan sasaran para warga yang kesulitan pangan akibat wabah Covid-19,” kata Sri, Senin (11/5/2020).

Menurut Sri, ia terinspirasi dari sebuah postingan media sosial yang kemudian dibawanya pada rapat PCA. “Alhamdulillah, seluruh pimpinan mau bersama-sama untuk mengadakan kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut terlaksana juga karena kepedulian Ibu ‘Aisyiyah melalui sumbangan infak pengajian dan para penyumbang dana lainnya. Sehingga diputuskan menyelenggarakan kegiatan tersebut selama 8 hari.

Tidak hanya soal kepedulian sosial, Sri juga mengaku kegiatan ini digagasnya sebagai sarana berdakwah.

“Semua warga dapat memanfaatkan warung gratis ini. Tidak hanya bagi yang membutuhkan, termasuk yang mampu juga diperkenankan,” paparnya.

Untuk pemberitahuan kepada warga, Hal itu dilakukannya dengan melakukan penguman-penguman di grup whatsapp, melalui pengeras masjid, yang akhirnya disebarkan juga informasinya oleh warga. Meskipun warung itu gratis, tapi panitia mengimbau kepada warga agar mengambil kebutuhan secukupnya saja sehingga pembagian pun merata.

Alhamdulillah, Sri mengatakan bahwa kegiatan ini juga mendapatapresiasi yang dating dari berbagai pihak. Seperti Ketua Pemuda Muhammadiyah Pringkuku Hadi Sofiin yang bersyukur atas kegiatan yang katanya sungguh bermanfaat ini.

Bahkan, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pringkuku Nasikin yang mendapat pemberitahuan kegiatan tersebut juga mendukung. “Teruskan program yang baik ini, kami akan dukung sepenuhnya secara moral,” tutur Nasikin.

Apresiasi tinggi juga datang dari Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pacitan dan dukungan Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pacitan Mulyadi.

Sri berharap wabah akan berlalu dan kondisi segera normal. Ia juga berharap bantuan ini dapat meringankan warga masyarakat setempat.

(IMF/foto:muhammadiyah.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas