Connect with us

Ekonomi Islam

Wakaf, ‘Raksasa’ Tidur Keuangan Syariah

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Dalam keuangan syariah konsep wakaf sudah tidak asing lagi, potensinya yang mencapai triliunan membuat wakaf dapat julukan raksasa tidur di sektor keuangan syariah dan mempunyai potensi mempercepat pembangunan infrastruktur, fasilitas sosial, dan juga sarana keagamaan.

Selain itu bila dintensifkan dan dikelola dengan baik, wakaf bisa membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Salah satu contoh pengelolaan yang sukses terjadi pada masa Kekhalifahan Turki Usmani. Dimasa itu, instrumen wakaf telah dipergunakan secara luas dalam menopang perekonomian negara khususnya dalam bentuk fasilitas pendidikan (dalam bentuk madrasah dan universitas), rumah ibadah (masjid), dan fasilitas sosial lainnya, sebagaimana dikutip Swa Online.

Contoh lainnya adalah pengelolaan wakaf Habib Bugak Asyi yang berada di kota Mekkah yang dikenal Wakaf Baitul Asyi tersebut merupakan wakaf produktif yang mengelola sejumlah hotel di kawasan Masjidil Haram serta tanah dan perumahan bagi warga keturunan Aceh di Arab Saudi.  Manfaat dari hasil pengelolaan Wakaf  Baitul Asyi tersebut menjadi pendapatan wakaf, yang kemudian digunakan untuk menyantuni masyarakat dan sebagainya.

[BWI/ilustrasi foto: dakta.com]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam