Connect with us

Khazanah

Untuk Pertama Kali Sidang Isbath Digelar Secara Daring

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Sore nanti Kementerian Agama akan menggelar sidang isbath untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan sebagai penanda awal puasa. Namun, berbeda dari sidang isbath tahun-tahun sebelumnya, sidang kali ini akan dilakukan secara daring.

“Ini untuk menjaga physical distance pada masa darurat Covid-19 yang tengah kita hadapi bersama,” jelas Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (23/04).

Tempat utama sidang akan berlangsung di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta, mulai pukul 17.00 hingga 19.20 WIB.

Ada tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat. Pertama, diawali dengan Paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama pada pukul: 17.00-18.00 WIB, yang akan disiarkan secara langsung.

Kedua dilanjutkan dengan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama. Adapun perwakilan Ormas Islam dapat mengikuti melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul: 18.20 WIB.

“Seperti biasa, prosesi sidang ini akan berlangsung secara tertutup,” kata Kamaruddin.

Dan ketiga, hasil sidang isbat akan diumumkan melalui Telekonferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1441H/2020M pada pukul: 19.05 WIB – selesai, yang akan disiarkan secara langsung.

Bagi warga yang berminat mengikuti via online, dapat mengakses pada link berikut ini:

  1. TVRI (TV pool)
  2. Youtube Kemenag RI: https://www.youtube.com/channel/UCg8r6lAzXP9OCyR0G1uBewg
  3. Fanpage Kemenag RI: https://www.facebook.com/KementerianAgamaRI
  4. Instagram Kemenag RI: https://www.instagram.com/kemenag_ri/
  5. Live Streaming : https://live.kemenag.go.id/

(IMF/foto:kemenag)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah