Connect with us

Pendidikan Islam

UIN Ciputat Beri Bantuan Makan Mahasiswa Selama Corona

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Selama wabah corona, kegiatan perkuliahan di sejumlah perguruan tinggi dilakukan secara daring. Dampaknya, banyak mahasiswa yang tidak bisa meninggalkan tempat tinggalnya. Namun buat mahasiswa yang kost hal ini menimbulkan persoalan tersendiri, sebab mereka tidak bisa pulang ke rumahnya akibat pembatasan sosial (social distancing).

Hal itulah yang menyebabkan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Syahid) menyediakan makanan, buah, dan vitamin bagi mahasiswanya yang berasal dari luar kota dan saat ini masih tinggal di sekitar Ciputat, Tangerang Selatan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan para mahasiswa tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya, paska penetapan status bencana darurat covid 19 yang berdampak juga pada penghentian sementara pembelajaran di kampus.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SYAHID Yusuf Rahman, di Ciputat. Menurutnya pemberian bantuan ini dikoordinir oleh Lembaga Sosial Kemanusiaan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta.

“Sejak tgl 27 Maret 2020, STF membuka laporan online bagi mahasiswa UIN Jakarta yang masih tinggal di kos di sekeliling kampus dan membutuhkan bantuan,” ujar Yusuf, Selasa (31/03).

Yusuf menambahkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan berkat dukungan dari para volunteer maupun donatur. “Kami ucapkan terima kasih kepada semua donatur dan volunteer yang membuat kegiatan ini bisa dilaksanakan. Semoga makanan ini membuat mereka kuat, sehat, dan mampu melawan covid19,” ujar Yusuf.

Kasubag Akademik Fakultas Ushuluddin Mega Ratnasari menuturkan, sehari setelah STF membuka laporan online, pada Minggu, 29 Maret 2020 ada 268 mahasiswa rantau yang melaporkan kebutuhan pangan tersebut.

“Setelah diverifikasi, yang butuh makanan dan tinggal di lingkungan kos kampus sebanyak 91 mahasiswa. Alhamdulillah hari Senin, 30 Maret 2020 mereka bisa mendapat nasi bungkus dengan lauk, sayur, buah dan vitamin, untuk siang dan sore,” ujar Mega.

Ia menambahkan, jumlah mahasiswa yang membutuhkan bantuan terus bertambah. Sampai dengan Senin 30 Maret 2020 siang, terdapat 458 mahasiswa yang meminta bantuan. Angka ini melonjak 100% dibanding permintaan bantuan makanan sehari sebelumnya.

Setelah diverifikasi, terdapat 182 orang yang masih tinggal di sekitar Ciputat dan membutuhkan makanan jadi.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan ini STF UIN Jakarta pun menggandeng warung-warung makan yang berada di sekitar kampus. “Insya Allah besok, Selasa, 31 Maret 2020, 182 mahasiwa itu dapat mengambil makanan di dua warung, satu di dekat kampus 1, dan satu lagi di dekat kampus 3,” tuturnya.

Mereka terdiri dari 70 perempuan dan 112 laki-laki, berasal dari fakultas sebagai berikut: FAH (32), FDI (6), FEB (14), FIDIKOM (12), FIKES (7), FISIP (26), FITK (27), FPsi (4), fsh (28), FST (4), FU (16), dan Sekolah Pascasarjana 6 orang.

Mega menyampaikan, pihak STF terus berupaya memperluas jangkauan bantuan yang diberikan. “Bagi mahasiswa yang sudah melapor namun belum disapa oleh STF, mohon sabar,” imbuh Mega.

“Tentu saja kami terbuka jika ada teman-teman mahasiswa lain yang sehat dan tinggal bersama keluarga, atau dosen serta staf UIN yang ingin turut serta membantu. Kami saat ini juga membutukanvolunteer untuk membantu pendataan, dan komunikasi (online),” ungkapnya.

Sementara bagi pihak-pihak yang ingin memberikan donasi, dapat mengirimkan bantuannya melalui nomor rekening BNI 0349891614 atas nama Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

(IMF/foto:kemenag.go.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam