Connect with us

Pendidikan Islam

UIII Bakal Rekrut Dosen Internasional

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Bagi Anda yang hendak mengenyam pendidikan di Univesitas Islam Intenasional Indonesia (UIII), bersiap-siaplah mendaftar. Pasalnya kampus bertaraf internasional itu dalam waktu dekat di 2020  bakal beroperasi. Karena itulah, UIII pun bakal pula menggelar proses rekruitmen tenaga pengajar alias dosen.

Rektor UIII, Komaruddin hidayat mengatakan harapan dengan berdirinya UIII bakal menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas tinggi di bidang keilmuan keagamaan. Karena itulah, pihaknya bakal merekrut para profesor asing sesuai bidangnya.

“Betul-betul kita wujudkan kampus ini sebagai kampur internasional,” ujarnya di Kantor Kementerian Agama,  Jumat (28/2).

Dia melanjutkan, selain dosen internasional, pihaknya bakal berkomitmen merekrut tenaga pengajar dari dalam negeri juga. Setidaknya bakal ada porsi khusus untuk dosen dalam negeri. Serta bakal diusahakan berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dia pun telah bemusyawarah dan berkonsultasi dengan para rektor-rektor dari berbagai kampus terkait dengan rencana program ini. Termasuk juga berunding dengan Kementerian Luar Negeri untuk perekrutan dosen internasional. “Kami juga berdiskusi dengan pihak Bank Indonesia untuk konsultasi bisnis modelnya,” katanya.

Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dua periode itu mengatakan, pihaknya terus  mempersiapkan konsep smart campus. Konsep terus didiskusikan dan dikonsultasikan dengan para pihak berkompeten pada bidangnya. UIII rencananya bakal beroperasi pada September 2020.

“Atau, paling lambat sudah efektif pada awal 2021,” ujarnya.

Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi dan mendukung inisiasi dan inovasi yang direncanakan UIII.  Dia menegaskanya, kementerian yang dipimpinnya bakal mendukung penuh bagi kemajuan UIII. “Ini kan misi kita bersama, mencerdaskan masyarakat indonesia,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam