Connect with us

Safa Marwah

Travel Umrah Reschedule Keberangkatan Jamaah

[MALANG, MASJIDUNA] — Biro pejalanan umrah mulai menjadwal ulang keberangkatan ibadah umrah ke tanah Mekah. Reskedjule alias jadwal ulang dilakukan menyusul adanya kebijakan pemerintah Saudi menangguhkan sementara pelayanan umrah ke Mekah.

Salah satunya, Biro Perjalanan Umrah dan Haji Plus Tombo Ati Tour. Imam Syafii, pemilik Biro Perjalanan Umrah dan Haji Plus Tombo Ati Tour mengatakan pasca kebijakan pemerintah Saudi, belum mengalami kerugian materiil. Sebab, peruntukan penerbangan dan hotel para jamaah, masih dapat penjadwalan ulang

“Sehingga untuk kerugian material tidak ada,” ujarnya di Malang, Sabtu (29/2).

Imam menerangkan,  Lion Air dan Saudi Airliner merupakan maskapai  yang dipergunakan biro perjalanan miliknya untuk jamaah umrah. Selain itu, maskapai tersebut menjamin bahwa keberangkatan para jamaah bakal  dijadwalkan ulang setelah Kerajaan Arab Saudi menghentikan penangguhan sementara itu.

Dia mengakui tak semua maskapai dan hotel dapat  menjadwal ulang tersebut. Sebab bila, tak dapat menjadwal ulang, maka seluruh biaya yang sudah dikeluarkan menjadi hangus. Menurutnya, Tombo Ati Tour pada awal Maret 2020 seharusnya memberangkatkan kurang lebih 160 peserta umrah. Sayang, kebijakan pemerintah Saudi menunda keberangkatan jamaah ke Mekah.

Berdasarkan informasi yang diterima dari maskapai, kata Imam, penangguhan sementara tersebut akan dilakukan hingga pertengahan Maret 2020. Setelah itu, diharapkan pelayanan umrah bisa berjalan seperti sebelumnya.

“Informasi dari maskapai, pada pertengahan Maret 2020, aktivitas sudah kembali normal,” pungkasnya.

Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah pada Kamis (27/2), menangguhkan sementara pelayanan umrah bagi warga dari luar kerajaan dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kota Suci Mekkah dan Madinah, menjadi tujuan umat Muslim dari berbagai belahan dunia yang hendak menunaikan ibadah haji dan umrah. Dengan adanya penangguhan tersebut, ratusan ribu orang terpaksa harus menerima pembatalan ibadah umrah.

[KHA/Antara/ilustrasi:joss.co.id]


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Safa Marwah