Connect with us

Khazanah

Tips Ramadhan #DirumahAja

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan keberkahan. Sebab setiap amal perbuatan yang dikerjakan umat muslim dilipatgandakan pahalanya. Kendati di tengah situasi pandemi Covid-19, berbagai amaliyah mesti menjadi penyemangat agar dapat dikerjakan.

Termasuk anjuran sunnah yang diajarkan Rasulullah, Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasssalam sedemikian banyak. Rugi rasanya bila sebagai umat muslim tak memanfaatkan bulan ramadhan meningkatkan amal perbuatan dan kebajikan.

Mumpung sedang di tengah darurat kesehatan yang mengharuskan orang berada di dalam rumah, tak ada salahnya ramadhan kali ini cukup beraktivitas di dalam rumah.  Lantas aktivitas apa saja yang dapat berpahala?

Pertama, shalat tawarih, dzikir dan berdoa di rumah

Sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta anjuran pemerintah, masyarakat muslim disarankan agar melakukan aktivitas di bulan ramadhan di rumah saja. Itu pun sementara di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ibadah shalat tarawih, dzikir dan ibadah lainnya tak mengurangi rasa kekhusukan ketika beribadah di masjid atau musholah.

Kedua, sahur dan berbuka di rumah bersama keluarga

Pandemi Covid-19 jadikan sebagai momentum istimewa bersahur dan berbuka puasa bersama keluarga. Sebab boleh jadi, di tahun sebelumnya anda tak dapat berbuka bersama keluarga akibat pekerjaan di kantor, macet dan sebagainya. Ramadhan 1441  Hijiriah perlu dilihat dari sisi lain.  Yakni menjadi momentum kebersamaan bersama keluaga.

Ketiga, mengikuti kajian berbasis daring

Ramadhan menjadi bulan penuh peluang meraup pahala. Termasuk menjadi peluang dan ruang menambah pemahaman tentang ilmu agama. Bila biasanya mendatangi kajian ke masjid, tapi tahun ini anda dapat memanfaatkan media berbasis online. Seperti live streaming media sosial seperti youtube, instagram, maupun facebook.

Keempat, perbanyak sedekah berbasis online

Ramadhan di rumah saja tak berarti menjadikan anda terhenti dalam melakukan aktivitas kegamaan bersifat sosial. Sedekah misalnya. Di rumah sedianya menjadikan pengeluaran menjadi lebih hemat.

Sehingga dapat menyisihkan pengeluaran untuk ditabung.  Selain di tabung, dana yang tak terpakai pun dapat digunakan untuk bersedekah. Nah bersedekah pun dapat dilakukann secara online. Misalnya menyalurkan sedekah ke badan amil zakat nasional (Baznas) maupun lembaga lainnya seperti dompet duafa.

Semoga bermanfaat….

[AHR/Foto: ]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah