Connect with us

Khazanah

Tips Memilih Busana Muslimah Nyaman dan Syar’i

[JAKARTA, MASJIDUNA]     Menjadi muslimah menggunakan pakaian muslim serta hijab yang menutup seluruh aurat dipandang sebagian orang kurang menarik penampilan. Padahal dengan menutup aurat secara keseluruhan bagi muslimah adalah perintah agama.

Fakta di lapangan, tren menggunakan busana muslimah dengan menggunakan hijab yang menutup seluruh bagian aurat menimbulkan kesan bagus tersendiri. Tak saja kalangan muslimah, kalangan pria pun mengunakan cara berpakaian baju muslim terlihat makin ciamik.

Sejumlah tips  dalam memilh baju muslim bagi kalangan muslimah khususnya penting memperhatikan beberapa hal. Mulai jenis bahan, hingga hijab yang syar’i menjadi pilihan, namun tetap mementingkan kenyamanan bagi penggunanya.

Pertama, menentukan terlebih dahulu jenis bahan yang bakal digunakan sebagai pakaian. Bagi kebanyakan orang, memilih jenis bahan pakaian muslim acapkali terabaikan. Soalnya aspek model kerap menjadi prioritas utama dalam menentukan pakaian muslim. Padahal kualitas jenis bahan amatlah menentukan kenyamanan bagi penggunanya.

Karena itu, pilihan bahan yang relatif ringan dan lembut. Mulai berbahan polyester, sutra, satin hingga sifon. Jenis bahan-bahan tersebut memberikan efek berkilau pada baju muslim anda. Bahkan bakal terlihat elegan dan berkelas. Penting pula diperhatikan  hijab yang anda gunakan jenis bahannya.

Kedua, tepat dalam memadupadankan baju muslim dan hijab. Memadupadankan  komniasi jenis busana dan hijab yang digunakan menjadi maksimal. Mulai warna, model hingga aksesoris yang digunakan. Sebaliknya bila anda tidak tepat dalam mengkombinasikan jenis pakaian muslim dan hijab yang digunakan, maka terlihat tidak maksimal  dipandang mata. Terpenting, sederhana asal tepat memadupadankan satu dengan lainnya.

Ketiga, pentingnya mengunakan eksesoris hijab. Bagi wanita yang kesehariannya rutin menggunakan hijab, penting anda pikirkan menggunakan aksesoris lainnya. Supaya tampilan menambah menarik. Tak hanya itu, hijab memiliki model tersendiri yanng menambah penampilan berbusana muslim kian ciamik, tanpa mengabaikan nilai syar’i.

Seperti menambah aksesoris hijab dengan bandana, anting hijab, hingga kalung. Penting diperhatikan, karena sifatnya aksesoris menjadi tidak wajib menggunakan berlebihan. Kuncinya tetap sederhana, tanpa mengabaikan kesyar’ian dalam berbusana muslim.

Keempat, hijab syar’i menjadi pilihan. Menjadikan pilihan baju muslim penting rasanya memperhatikan model hijab yang bakal digunakan. Hijab, sejatinya instrimen terpenting dalam penampilan seorang muslimah. Model hijab belakangan terakhir terus berinovasi. Mulai yang sederhana hingga rumit penggunaanya.

Namun, model hijab yang syar’i yang mesti menjadi pilihan, agar kesan wanita muslimah melekat pada diri anda. Soalnya, menjadi sia-sia bila penampilan busana muslim yang anda gunakan sudah ciamik, namun hijab serta busananya tidak bernilai syar’i.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba, tetap syar’i wahai muslimah… [redaksi]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah