Connect with us

Pendidikan Islam

Tertarik Membincang Islam di Era Disrupsi? Ikuti Kegiatan Ini

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Revolusi 4.0 telah masuk di berbagai sektor kehidupan di Indonesia. Era ini telah mengubah tatanan lama yang telah mapan. Ada dampak yang bakal muncul. Situasi ini juga terjadi dalam Islam di Indonesia. Bagaimana menyikapinya?

Era digital telah melahirkan anak kandung yang bernama disrupsi, yakni gangguan terhadap bangunan lama yang telah mapan. Rupanya gejala ini juga terjadi dalam peradaban Islam. Karenanya, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menggelar call for papers dengan mengambil tema “Islam di Era Disrupsi: Peluang dan Tantangan” yang bakal digelar 9-10 Oktober 2019 di Hotel Aston, Semarang, Jawa Tengah.

Terdapat empat tema yang menjadi pokok bahasan dalam kegiatan seminar nasional ini yakni Pendidikan Islam, Hukum Islam, Peradaban Islam serta ekonomi Islam. Tema-tema tersebut akan dipantik oleh narasumber yang kompeten seperti Prof. Dr. Arskal Salim yang juga menjabat sebagai Dirketur Diktis Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang didapuk sebagai Pembicara Kunci dengan tema “Profesionalisme Layanan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Tantangan di Era Disrupsi”.

Pembicara tamu lainnya Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, M.A. Ph.D, M Adib Abdusshomad (Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama DIKTIS Kemenag RI), Anis Malik Thoha, M.A., Ph.D (Rektor Unissula), Aziz Hakim, M.H. (Kasi Pengembangan Profesi PTKI Diktis Kemenag RI), Dr. KH Abdulloh Airef Cholil, M.Ag (Ketua Program Magister Pendidikan Agama Islam Unissula), serta sambutan Pembukaan akan disampaikan Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag (Koordinator Kopertais WIlayah X Jawa Tengah yang juga Rektor UIN Walisongo, Semarang).

Adapun tanggal penting untuk kegiatan ini perlu diketahui yakni batas akhir pengiriman abstrak makalah pada 25 Agustus 2019, dilanjutkan pengumuman abstrak pada 1 September 2019, pengiriman full paper dan pembayaran kegiatan pada 20 September 2019.

Bagi peserta yang berminat mengkaji tema aktual ini sebagai peserta seminar dan presenter diskusi dengan mengirim makalah dan membayar kegiatan sebesar Rp 750.000 (sudah termasuk biaya penginapan di hotel Aston dan fasilitas lainnya). Sedangkan untuk peserta kategori mahasiswa S-1 membayar biaya Rp 100.000 serta peserta dari kalangan umum dibanderol sebesar Rp 250.000.

Jika Anda tertarik untuk memperharui pengetahuan di tema ini, silakan menghubungi hotline panitia di 0852-2979-6479. [FAR]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam