Connect with us

Ragam

Tazinat, 11 Tahun Berdakwah Lewat Seni Kaligrafi

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Jika berkunjung ke masjid, bisa dipastikan bakal menjumpai kaligrafi yang bertuliskan ayat al-Quran maupun al-Hadits. Kaligrafi menambah keindahan dan kesyahduan masjid. Tazinat, perusahaan penyedia kaligrafi, memiliki misi berdakwah melalui seni tulisan khas tradisi Islam ini.

Seni kaligrafi dan masjid ibarat koin mata uang. Keduanya tak bisa dipisahkan. Jika ada masjid, bisa dipastikan di dalamnya terpampang seni kaligrafi yang indah. Situasi itu ditangkap dengan baik oleh para pegiat kaligrafi yang tergabung dalam PT Tazinat Radja Calligraphy aatau PT Taraca.

Direktur Utama PT Taraca, Yusuf menyebutkan perusahaan yang ia kelola bermula dari para kaligrafer jebolan Lembaga Kaligrafi Al-Quran (Lemka) di Sukabumi. “Bermula tahun 2005 mengerjakan kaligrafi di masjid. Tiga tahun berikutnya, tepatnya pada 8 Agustus 2008 membentuk perkumpulan sesama kaligrafer Tazinat dan pada tahun 2017 terbentuk perusahaan,” ujar Yusuf kepada MASJIDUNA, Kamis (8/8/2019).

Karya Tazinat, menurut Yusuf, telah tersebar di sejumlah masjid di Indonesia, baik di pulau Jawa dan luar Jawa. Tidak hanya itu, Yusuf juga menyebutkan permintaan menulis kaligrafi di masjid juga berasal dari mancanegara. “Seluruh Indonesia bahkan sampai ke Malaysia, Singapore dan Brunei Darussalam,” ungkap Yusuf.

Pola pemesanan kaligrafi, juga mudah dilakukan. Tazinat menyediakan pemesanan via online maupun bisa datang langsung ke workshop Tazinat khusus untuk pajangan dinding. “Tetapi jika pemesanan kaligrafi masjid harus survei ke lapangan,” imbuh Yusuf.

Kerja Tazinat yang bermarkas di Kemang, Bogor, Jawa Barat ini telah diakui oleh para pengelola masjid di Indonesia dan Mancanegara. Hal tersebut dapat dilihat dari proyek yang dikerjakan Tazinat rerata 3 – 6 masjid setiap bulannya. “Respons sangat baik dan setiap pekerjaan bisa dipastikan tambah volume dari kesepakatan awal,” aku Yusuf.

Produk yang dihasilkan Tazinat yakni lukisan kaligrafi, kaligrafi pahat, kaligrafi timbul serta cenderamata. Adapun jasa yang ditawarkan oleh Tazinat di antaranya dekorasi eksterior atau interior masjid, pembuatan kubah, menara berbahan Glassfibre Reinforced Concrete (GRC), dekorasi panggung, pembuatan krawangan berbahan GRC, pembuatan iluminasi mushaf al-Quran serta penulisan kaligrafi.

Masjid di lingkungan Anda belum terdapat hiasan kaligrafinya? Silakan segera hubungi Tazinat. Kualitas dijamin super, harga kompetitif. [FAR]

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ragam