Connect with us

Masjid

Taman Membuat Masjid Tampak Indah

Taman Masjid DPR

Keberadaan taman membuat sebuah bangunan menjadi lebih indah. Pepohonan yang ditanam akan membuat mata terasaa teduh memandangnya. Tidak heran bila bangunan-bangunan penting, apalagi bangunan untuk kepentingan umum, diusahakan memiliki taman.

Di beberapa kota besar, taman bahkan menjadi bagian tak terpisahkan dari tata kota. Sebab taman menjadi tempat berkumpul warga sekaligus refreshing. Hal itu pun berlaku bagi masjid. Tempat ibadah ini menjadi terasaa adem dengan kehadiran taman, apalagi di musim panas seperti sekarang. Salah satu masjid yang saat ini menata tamannya adalah Masjid Baiturrahman Kompleks DPR Senayan, Jakarta. Halaman depan masjid saat ini sedang dipercantik. Rumput dibuat merata dan pepohonan beraneka rupa sengaja ditanam.

Pada bagian taman dibuatkan plang besar ‘Taman Masjid” sebagai penanda. Sebelum taman direnovasi, tidak ada rumput terhampar bahkan pepohonan pun tumbuh begitu saja tanpa perawatan.

Selain Masjid Baiturrahman DPR, Masjid Istiqlal pun kini sedang merenovasi bangunan dan tamannya. Sudah lama taman di masjid kebanggan Indonesia itu kurang terawat. Meski cukup luas, namun terlihat agak kumuh. Air mancur pun kadang tidak berfungsi. Padahal sebagai masjid negara, sudah sepantasnya Istiqlal memiliki taman yang sangat indah dan cantik, hal itu senada dengan luas dan megahnya bangunan utama.

Bahkan, ada beberapa masjid dan mushola yang sudah mulai memikirkan taman meski mungil. Karena keterbatasan lahan, mereka menggunakan pot-pot kecil.

MAsjid Agung Palopo, Sulawesi Selatan, misalnya, menjadikan taman masjid sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal itu untuk memenuhi ketersediaan 30 persen RTH. Bahkan anggaran penataan taman masjid dibebankan kepada APBD setempat dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

Fungsi taman di masjid memang menjadi kebutuhan. Selain enak dipandang juga bisa membuat ibadah makin khusyuk.

2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid