Connect with us

Ekonomi Islam

Sri Mulyani: Ekonomi Syariah Tidak Ekslusif

[JAKARTA, MASJIDUNA]-–Ekonomi syariah bisa membumi dan menjadi bagian dari ekosistem ekonomi nasional. Sebab, seperti juga ekonomi konvensional, ekonomi syariah juga mengenal industri perbankan, asuransi dan pasar modal. Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan selaku Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Sri Mulyani saat beraudiensi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

“Instrumen syariah bukan sesuatu yang eksklusif yang ruwet yang kita nggak ngerti, tapi sebenarnya sama saja pilihannya seperti anda mau naruh uangnya di bank ataukah anda mau beli surat berharga atau beli saham, ” kata Sri Mulyani.

Karena itu, sebagai ketua masyarakat ekonomi Islam di Indonesia, dia ingin membumikan ekonomi syariah di tanah air. “Fokusnya untuk tahun pertama ini supaya bisa betul betul bergerak, pada dasarnya dari seluruh wakil ketua ide atau konsepnya bagaiamana membuat ekonomi islam itu bisa membumi dan betul betul bisa jadi bagian ekosistem dalam ekonomi nasional yang lebih inklusif,” tambah Sri Mulyani.

Dan yang menggembirakan, ekonomi syariah juga sudah masuk ke usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ia menjelaskan, program-program pemerintah seperti ultra mikro, mekar, KUR sampai kredit perumahan dimana produknya bisa memberikan pilihan sifatnya syariah.

(IMF/foto: ekonomi.bisnis.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam