Connect with us

Safa Marwah

Sidang OKI Diusulkan Bahas Pelaksanaan Haji Darurat Corona

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Organisasi Kerjasama Islam (OKI) diusulkan membahas pelaksanaan haji darurat corona dalam sidang darurat. Setidaknya memutuskan langkah yang bakal ditempuh jelang pelaksanaan haji dikalangan negara-negara yang dalam kondisi darurat virus corono.

Demikian diusulkan Tokoh Persyarikatan Muhammadiyah, Prof Din Syamsuddin di Jakarta, Kamis (5/3). “Jelas perlu ada sidang darurat OKI untuk memutuskan (penyelenggaraan ibadah haji) tahun ini,” ujarnya sebagaimana dikutip MASJIDUNA dari laman Antara.

Keputusan pemerintah Arab Saudi membuat kebijakan moratorium terhadap warga dari negara-neegara yang terindikasi virus corona tak dapat disalahkan. Pasalnya pemerintah Arab Saudi pun memiliki hak menolak masuk warga negara lain k tanah suci demi pencegahan penyebaran virus corona.

Moratorium yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi tak saja berdampak bagi keamanan rakyatnya sendiri, tapi juga keamanan umat Muslim sedunia. Negara-negara muslim peeserta OKI pun mesti menghargai keputusan pemerintah Arab Saudi.

Bagi Din, penularan virus dipandang bakal sulit dihindari jika mengingat besarnya jumlah jamaah  yang hadir saat penyelenggaraan ibadah haji. Ia pun merasa bahwa masyarakat Muslim dunia dapat memahami alasan pemerintah Arab Saudi melakukan moratorium tersebut. Namun, yang perlu diperhatikan, perlu kepastian moratorium itu diberlakukan.

“Kita berharap pemerintah Arab Saudi juga membuka peluang dan memberi kearifan, jangan secara mutlak begitu. Inilah tantangannya,” ujarnya.

Dia berpendapat, perlu dilakukan penelitian seccara teknologi untuk mendeteksi virus corona secara dini dari mulai keberangkatan di negara asal jamaah hingga mendarat di tanah Arab. Ia prihatin dengan jamaah apabila moratorium itu berlaku secara mutlak. Pasalnya jutaan orang bakal merasa kecewa.

Karena itu, dia meminta pemerintah Indonesia pun aktif melobi pemerintah Arab Saudi dengan memperhatikan kondisi yang ada. “Kan sekarang sudah ada juga yang terkena di Saudi Arabia. Untuk pemerintah (Indonesia) lakukanlah lobi-lobi, langkah-langkah ya,” pungkasnya.

[AHR/Antara/Foto:cnnIndonesia]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Safa Marwah