Connect with us

Khazanah

Saung Ilmu, Upaya Pemberdayaan Desa Bank Indonesia-Al Azhar

[TASIKMALAYA, MASJIDUNA]-— Lembaga Amil Zakat (LAZ) Azhar bersinergi dengan DEKS (Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah) Bank Indonesia dalam upaya memberdayakan desa, melalui pembangunan Desa Berdikari Saung Ilmu di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya .

Peletakan batu pertama dilakukan Senin (1/2/2021), yang dihadiri oleh Wakil Direktur LAZ Al Azhar, Rahmatullah Sidik, Camat Rajapolah Yana Hermana, Kepala Desa Tanjungpura Ujang Hartono, Wakil Direktur LAZWAF BMT Al Azhar, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. Acara berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Saung ilmu menjadi instrumen penting dalam mendorong keberdayaan umat dari sektor perekonomian, pendidikan, kesehatan dan keagamaan. Nantinya akan hadir di tengah masyarakat Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) dan kader lokal yang mendampingi perkembangan dalam kemajuan desa,” kata Rahmatullah Sidik dalam sambutannya.

Sementara Muhammad Anwar Basori sebagai Direktur DEKS BI, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Diana Yumanita, Deputi Direktur DEKS BI mengungkapkan data bahwa dari hampir 70.000 (tujuh puluh ribu) desa di Indonesia, 57% masih berada dalam taraf berkembang, 19,96% tertinggal, dan 3,52% sangat tertinggal.

Hal menjadi tugas kita bersama untuk mengembangkan desa sebagai bagian dari pembangunan nasional. Sinergi, inovasi, dan komunikasi antara setiap pemangku kepentingan perlu kita jalin bersama, sehingga kita mampu mewujudkan Indonesia Maju, mulai dari desa.

Oleh sebab itu, Program Desa Berdikari disinergikan agar dapat mendorong peningkatan SDM masyarakat desa yang banyak bergerak di sektor pengadaan pangan agar tercipta ketahanan pangan bangsa Indonesia.

Camat Rajapolah, Yana Hermana mengungkapkan pihaknya turut mendukung dan mengapresiasi program Desa Berdikari Tanjungpura. Masyarakat sekitar juga siap membantu dengan bergotong royong selama proses pembangunan. Makanan yang menjadi konsumsi aktivitas gotong royong adalah hasil dari kreativitas setiap keluarga di desa.

“Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan kami sangat mendukung penuh atas sinergi yang telah terjalin untuk saling mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, khususnya di Desa Tanjungpura,” tambahnya.

(IMF/foto: LAZ Alazhar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah