Connect with us

Khazanah

Sambut Tahun Baru Islam, Warga Gelar Istighotsah dan Baca Salawat 1.000 Kali

[TANGERANG SELATAN, MASJIDUNA] – Ragam cara ekspresi masyarakat dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah. Salah satunya dengan menggelar istighotsah dan baca salawat.

Peringatan penyambutan tahun baru Islam 1 Muharam 1441 H diisi dengan kegiatan positif. Hal ini pula dilakukan oleh sejumlah warga di Tangerang Selatan dengan menggelar istighotsah dan pembacaan salawat 100 kali. “Mari kita jadikan pergantian tahun baru Islam ini untuk melakukan muhasabah, instrospeksi diri,” ajak KH Muhammad Basyir, pengasuh Majlis Musala Az Zikra, Jombang, Tangerang Selatan, Sabtu (31/8/2019).

Alumnus Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur ini, mengingatkan agar di tahun baru Islam diisi dengan peningkatan amalan ibadah seperti salat berjamaah dan perbanyak membaca salawat. “Kita Istiqomahkan salat berjamaah dan membaca salawat,” tambah Basyir.

Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengingatkan manfaat salawat kepada nabi Muhammad. Menurut dia, membaca salawat dibutuhkan konsistensi dan keajegan.”Insya Allah perkara dunia dan akhirat akan dimudahkan dengan membaca salawat,” tegas bekas aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Dalam kesempatan tersebut, jamaah membaca istighotsah dan membaca salawat sebanyak 1000 kali yang dimulai usai salat Maghrib hingga Isya. Usai salat isya dilanjutkan makan bersama seluruh warga. Selamat tahun baru Islam 1 Muharam 1441. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah