Connect with us

Khazanah

Rumah Moderasi Beragama di UIN Bandung Diresmikan

[BANDUNG, MASJIDUNA] — Gedung berlantai dua itu berdiri megah. Berada di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Tepatnya, terletak di Kampus 3 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Kini, telah memiliki 300 santri.

Adalah rumah moderasi beragama. Setelah menunggu, akhirnya rumah moderasi dengan gedung dua lantai itu diresmikan.  Menteri Agama, Fachrul Razi menilai keberadaan rumah moderasi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi langkah sebagai tempat belajar moderasi beragama.

“Saya bangga sekali dengan adanya rumah moderasi ini,” Selasa (26/11).

Dia menerangkan, moderasi beragama tak melulu dilakukan pada agama Islam semata. Namun lebih dari itu, agama-agama lain pun dapat melakukan kegiatan tersebut. Menurutnya, dalam moderasi beragama, penekanannya bukanlah agama yang dimoderasi. Namun kehidupan beragama yang perlu dimoderasi

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Mahmud menambahkan, kampus tempatnya mengajar menjadi PTKIN pertama yang membangun moderasi beragama dari 58 PTKIN yang ada. Baginya, dengan moderasi pertama di UIN Bandung, setidaknya menjadi dorongan bagi kampus lain untuk membangun rumah moderasi beragama serupa.


Dia pun berharap, rumah moderasi beragama ke depannya menjadi candradimuka bagi para mubalig, penyuluh dan guru-guru moderat. Khususnya dalam mengajarkan Islam yang  Rahmatan Lil Alamin.

[AHR/Kemenag].

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah