Connect with us

Ekonomi Islam

Puluhan Ribu Produk Resmi Tersertifikasi Halal

Angka produk tersertifikasi  bakal terus bertambah, lantaran layanan sertifikasi terus berjalan saban harinya.

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso mengatakan terdapat 10.517 pelaku usaha telah mengajukan permohonan sertifikasi halal. Dampaknya sedikitnya terdapat 20.034 produk yang terdaftar di BPJPH dalam sertifikasi halal.

“Hingga hari ini sudah ada 10.517 pelaku usaha yang antri untuk sertifikasi halal di BPJPH, dengan total 20.034 produk yang terdaftar, ada yang masih dalam proses audit atau pemeriksaaan oleh Lembaga Pemeriksa Halal, dan sebagainya,” ujarnya  dalam webinar bertajuk ‘Akselerasi Persiapan Halal Value Chain Berbasis Teknologi Digital guna Mendukung Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syari’ah Dunia’, Sabtu (28/11) pekan lalu.

Dia melanjutkan terdapat 4 ribu produk telah bersertifikat halal. Angka tersebut merupakan hasil dari proses sertifikasi halal yang dilaksanakan oleh sekitar 1000 pelaku usaha. Dia yakin angka tersebut bakal terus bertambah lantaran layanan sertifikasi terus berjalan saban harinya.

Menurutnya, pelaksanaan sertifikasi halal yang terus membaik. Penyebabnya lantaran  adannya kerja sama yang terjalin dengan  para stakeholder terkait secara baik. Dia menerangkan, penyelenggaraan jaminan produk halal  diatur dalam UU No.33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) dan UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dia menilai, dengan penyelenggaraan JPH yang optimal dan berkembangnya produk halal di Indonesia, cita-cita Indonesia sebagai pusat halal dunia akan semakin mudah terwujud. “Dan saya selalu tegaskan tagline kita yaitu mewujudkan Halal Indonesia untuk masyarakat dunia.” pungkasnya.

[KHA/BPJPH/Foto:dream.co.id]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam