Connect with us

Masjid

Presiden Targetkan April Renovasi Masjid Istiqlal Rampung

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Tujuh bulan sudah renovasi Masjid Istiqlal berlangsung. Masjid terbesar di Asia Tenggara itu ditargetkan dapat rampung April 2020 mendatang. Kepastian itu diutarakan Presiden Joko Widodo saat meninjau Masjid Istiqlal, Jumat (7/2).

“Bulan empat Insya Allah sudah selesai semua,” ujarnya.

Presiden berharap Masjid Istiqlal berdiri dengan konstruksi dan rancangan baru pasca renovasi. Dengan begitu, masjid tersebut dapat digunakan kalangan muslim shalat tawarih berjamaah di bulan Ramadhan.

Dikatakan Jokowi, anggaran yag disiapkan merenovasi Masjid Istiqlal sebesar Rp475 miliar. Angka yang terbilang besar untuk merenovasi sebuah masjid megah seperti Istiqlal. Pemerintah, melalui Kementerian PUPR merenovasi bagian-bagian Masjid Istiqlal.

Seperti desain eksterior, interior, lahan parkir, kondisi lantai, termasuk perbaikan kondisi sungai yang melintasi kawasan Istiqlal. Tak hanya itu, fasilitas di dalam masjid juga diperbaiki demi peningkatan kualitas tata suara, cahaya, dan udara. Pasca renovasi diharapkan dapat memberikan kenyamanan saat beribadah.

Dia menjelaskan proses renovasi juga memperhatikan status bangunan Istiqlal sebagai situs warisan (heritage). Dia mewanti-wanti agar pengerjaan renovasi warisan pusaka dilakukan dengan hati-hati. “Tidak boleh rusak,” imbuhnya.

Kepala Negara juga menyetujui usulan untuk membangun terowongan bawah tanah dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral. Hal tersebut supaya mempermudah silaturahim antarumat beragama.

“Ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Jadi tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi,” pungkasnya.

[AHR/Antara/Foto: Kemenag]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid