Connect with us

Pendidikan Islam

PPI 50 Lembang Tambah Kuota Santri, Pesantren Bernuansa Alam

Selain suasana alam yang menjadi pendukung dalam kegiatan belajar santri, terdapat program dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

BANDUNG, MASJIDUNA] — Bagi anda yang hendak menyekolahkan anak pada pondok pesantren, tak ada salahnya menitipkan pendidikan pada pondok Pesantren Persis Indonesia (PPI) 50 Ciputri Lembang, Bandung. Pondok pesantren ini membuka pendaftaran untuk tahun ajaran periode 2021-2022.

Menariknya, PPI menerima kuota bagi empat kelas jenjang tsnawiyah. Terdiri dari dua kelas putra dan dua kelas putri.  Sedangkan jenjang mualimin, membuka kuota peruntukan dua kelas. Demikian disampaikan ketua Penerimaan Santri Baru (PSB) PPI 50 Ciputri Lembang, Dedi Muhamad Abduh.

“Memang untuk tahun ajaran 2021/2022, ciputri menambah jumlah kuota untuk tingkat tsanawiyah 128 santri (Putra 64 & Putri 64) untuk 4 rombel dan untuk jenjang mu’allimin 70 santri,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman persis.

Dedi mengatakan, terhadap penambahan  kuota tersebut, PPI 50 Lembang menyesuaikan fasilitas yang ada. Sehingga terciptanya suasana nyaman bagi para santiri.  Seperti asrama yang memadai, hingga ruang kelas yang sesuai. Suasana alam yang asri menambah situasi belajar bagi para santri menjadi kondusif.

Seperti suasana pensantren dikelilingi bukti  yang juga menjadi pendorong bagi santri dalam mencapai target pembelajaran.  Misalnya, ketika santri menyetorkan hafalan atau muraja’ah pada sore hari. Aktibotas itu tak jarang dilakukan di lapangan rumput, taman pondok atau di selasar Masjid.

Kualitas pendidikan

Dedi menambahkan, pondok PPI 50 Lembang tak berhenti dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi para santrinya. Setidaknya agar para lulusan PPI 50 Lembang dapat sesuai dengan yang diharapkan. Metoda yang digunakan dalam meningkatkan kualitas itu antara lain dengan memberikan  program unggulan yang harus diikuti santri seperti Tahfizh.

Menurutnya PPI 50 Lembang memiliki program Tahfizh Al Qur’an bagi tingkat tsanawiyah. Harapannya melalui program tersebut, para santri lulusan PPI 50 Lembang telah menghapal minimal 3 juz di luar 30 juz. Dengan begitu santri diharapkan minimal dapat menghapal 4 juz.

“Dan untuk tingkatkan mu’allimin santri diharapkan bisa membaca kitab kuning dan hapalan Al Qur’an  Lebih dari lima juz, yang merupakan akumulasi dari tsanawiyahnya dulu,” katanya.

Periode kali ini, ada yang berbeda. Soalnya PPI 50 Lembang meengadakan jalur undangan bagi santri berprstasi lulusan tsanawiyah yang hendak melanjutkan ke tingkat mualimin. Ternyata ada keuntungannya. Yakni mendapat potongan  biaya pendaftaran sebesar 50%. Tak hanya itu,  bagi lulusan tsanawiyah PPI 50 Lembang yang tidak mendapatkan jalur undangan, namun tetap ingin melanjutkan ke tingkat mualimin, pun mendapat potongan uang pendaftaran sebesar Rp2 juta.

Ketentuan itu pun berlaku bagi lulusan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Persis Lembang  bakal mendapat potongan biaya pendaftaran sebesar Rp2 juta bagi yang melanjutkan ke jenjang tsanawiyah PPI 50 Lembang. Bagi  orang tua yang menjadi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di PPI 50 Lembang dan hendak menyekolahkan putra-putrinya di PPI 50 diberikan keringanan. Yakni berupa pembebasan bayaran uang nafaqah sesuai jenjang satuan pendidikan putra-putrinya tersebut.

Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi website Pesantren. Bagi yang hendak mendapatkan informasi lebih lengkap, dapat mengunjungi laman www. persis50lembang.com.

[AHR/Persis]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam