Connect with us

Pendidikan Islam

Ponpes Lirboyo Miliki Rusunawa Bagi Santri

Dibangun oleh Kementerian PUPR dengan anggaran pembelian meubeler lebih dari Rp401 juta, satu tower, empat barak dan anggaran fisik lebih dari Rp3,5 miliar.

[KEDIRI, MASJIDUNA] — Bagi para santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri  Jawa Timur,  kini dapat mondok di Rusan Susun Sewa(Rusunawa). Tambahan fasilitas tersebut pun presemiannya dihadiri tiga menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.    Yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pengasuh PP Lirboyo Kediri KH Abdullah Kafabihi Mahrus mengatakan Rusunawa tersebut bermafaat bagi tempat tinggal santri. Jumlah santri di putra dan putri mencapai 29 ribu dari berbagai daerah di Indonesia.Menurutnya banyak pula para santri yang dalam kondisi tidak mampu.

Rusunawa Pesantren Lirboyo dibangun di area pesantren. Struktur bangunannya dengan rangka baja ringan dan tempat tidur susun. Rusunawa itu dibangun dua lantai, dengan total kapasitas hunian 88 santri. Rusunawa tersebut dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR). Yakni dengan anggaran pembelian meubeler lebih dari Rp401 juta, satu tower, empat barak dan anggaran fisik lebih dari Rp3,5 miliar.

Menseskab, Pramono Anung mengatakan Indonesia menjadi contoh bagi negara lain. Apalagi jumlah penduduk mencapai 267 juta jiwa  yang notabene 90 persennya adalah pemeluk agama Islam. Dia menilai warga Indonesia yang bepergiaan ke manapun bakal dihormat

“Dengan Pondok Lirboyo bukan hal yang asing, karena Lirboyo adalah kekuatan alumni yang menyebar di Indonesia,” ujarnya.

Dia berpendapat, pesantren memiliki peran yang amat kokoh dan tidak diragukan lagi. Pendidikan pesantren pun memiliki marwah yang tinggi. Makanya salah satu prioritas adalah membangun dan menjaga dunia pesantren di tanah air. Apalagi Toleransi menjadi kewajiban alumni mengampanyekan, menjelaskan tidak perlu takut apalagi sosial media.

“Maka peran alumni pesantren penting,” pungkasnya.

Sebenarnya, terdapat tiga pesantren yang rusunawanya diresmikan. Yakni Pesantren Lirboyo, Pesantren Al Falah Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dan Pondok Pesantren Al Amien, Lingkungan Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kediri.

[KHA/Antara/Foto: okezone]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam