Connect with us

Pendidikan Islam

Ponpes Al-Qur’an Azzayadiy Sukoharjo Resmi Miliki Rumah Susun

Sudah terdapat dua tower yang mampu menampung 240 santri dan 128 santriwati.

[SUKOHARJO, MASJIDUNA] — Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qur’an Azzayadiy di Sukoharjo, Jawa Tengah resmi memiliki Rumah Susun (Rusun). Peresmian keberadaan Rusun itu diresmikan oleh Ketua DPR  Puan Maharani, Rabu (19/1/2022) kemarin.

“Ini acara baik, di hari baik. Setelah diresmikan, tolong dipelihara baik-baik. Gedung, ruangan harus dijaga agar terus bermanfaat,” ujar Puan saat memberikan sambutan peresmian.

Rusun Ponpes Al-Qur’an Azzayadiy dibangun atas usulan Puan saat ia masih menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Dalam peresmian Ponpes itu, Puan menyampaikan sukacitanya. Menurut dia, gotong royong dalam pembagunan rusun Ponpes Al-Qur’an Azzayadiy merupakan niat baik yang harus dijaga.

Baca juga: Tips Mencari Pondok Pesantren untuk Buah Hati, Perhatikan 3 Hal Ini

Bacajuga: Pondok Pesantren Al-Irsyad Semarang Pastikan Tolak Santri Penderita Hepatitis B

Saat ini, sudah ada 2 tower yang dibangun dalam kurun waktu 3 tahun di area Ponpes Al-Quran Assayadiy dengan total pembangunan senilai Rp 12,7 miliar dengan pembiayaan dari APBN. Satu tower untuk menampung 240 santri, dan satu tower lainnya berkapasitas 128 santriwati.

“Ini merupakan satu anugerah dan kebahagiaan bagi kita semua, termasuk isinya sudah disiapkan. Sekarang para santri punya tempat tinggal baru yang lebih baik,” katanya.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR  itu pun meminta agar Ponpes mendidik santri dan santriwatinya agar memiliki akhlak yang baik dan terpuji. Sehingga nantinya turut membantu membangun bangsa.

Baginya,  pesantren menjadi salah satu tempat utama bagi para santri dan santriwati   belajar dan mengembangkan diri.Dia menilai, peran pesantren sangat penting dalam pembangunan bangsa. Puan berharap pesantren dapat mendidik santri dan satriwati-nya menjadi anak bangsa yang unggul.

Saat Puan Maharani berdialog dengan para santriwati di asrama

Lebih lanjut, Puan meminta seluruh pihak bergotongroyong mendukung penuh pengembangan pondok pesantren. Salah satunya dengan pembangunan Rusun di Ponpes Al-Quran Assayadiy yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saya turut mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang sudah membangun Rumah Susun ini,” ujar Puan.

Baca juga: Milenial Pendiri Pesantren Gratis Tanpa Biaya di Pesisir Selatan

Puan berharap fasilitas rusun yang dibangun tersebut dapat membuat santri/santriwati dapat belajar dengan baik dan nyaman. Di sisi lain, Puan mengingatkan pihak Ponpes dan seluruh santri agar menjaga rusun dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini penting mengingat saat ini Indonesia masih berada dalam pandemi Covid-19, apalagi varian Omicron sudah semakin meluas.

“Ini saya minta supaya dijaga betul para santri dan santriwati tetap pakai masker, tetap mencuci tangan dengan memakai sabun, tetap jangan berkerumun,” pungkasnya.

[AHR/foto: istimewa]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam