Connect with us

Ekonomi Islam

Perlunya Peningkatan Peran Periset Ekonomi Syariah

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Kemampuan peranan periset di bidang ekonomi dan keuangan syariah mestinya dapat ditingkatkan. Sehingga mampun berkontribusi lebih dalam menyempurnakan berbagai kebijakan pemerintah khususnya. Demikian permintaan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam  acara Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) di Jakarta, Senin (21/9).

“Saya berharap perguruan tingggi akan terus melakukan riset dengan cara bersungguh-sungguh dan terus membuka dari sisi data metodologi serta menganalisa,” ujarnya.

Srimulyani berpandangan, peran dan hasil riset yang dilakukan peneliti dapat mengoreksi dan memberikan rekomendasi bagi pemeirntah dalam mendorong penguatan industri keuangan ekonomi syariah. Ujungnya, kebijakan yang bakal diterbitkan pemerintah mendapat masukan dari hasil riset para peneliti ekonomi dan keuangan syariah.

Meski begitu, riset tersebit mesti sejalan dengan tema besar pembangunan Indonesia. Setidaknya supaya mampu menjawab berbagai keebutuhan dalam pengembangan industri keuangan syariah. Dia yakin betul, hasil riset dapat menjadi rujukan industri keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia.  Khususnya dalam mengekspansi ke tingkat dunia melalui produk halal. 

Srimulyani yang juga  menjabat Ketua Umum IAEI itu menilai, berbagai industri berkaitan dengan prinsip syariah dapat menjadi pemicu pertumbuhan keuangan dan ekonomi syariah. Karena itulah, riset di bidang bidang ekonomi dan keuangan syariah perlu terus ditingkatkan agar dapat membangun ekosistem yang baik.

“Ini tantangan dan sekaligus keinginan untuk membangun riset di bidang ekonomi dan keuangan syariah,” pungkasnya.

[AHR/Antara/Foto:sulselonline]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam