Connect with us

Khazanah

Peringatan Nuzulul Qur’an di Kodiklat TNI Angkatan Darat

[JAKARTA, MASJIDUNA]— Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa besar dan penting bagi umat Islam di seluruh dunia, yaitu ketika Al-qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW di Gua Hiro.

Untuk memperingati hari turunnya kitab suci tersebut, prajurit TNI dan warga Makodiklatad Angkatan Darat memperingati Nuzulul Qur’an 1442 H/2021 M di Masjid Junudurrahmah Kodiklatad, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Dalam sambutannya, Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an pada hakekatnya adalah perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menurunkan Kitab Suci Al-Qur’an di muka bumi ini sebagai pedoman hidup bagi umat manusia.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini banyak sekali dampak perubahan dalam kehidupan, yang dulu ada menjadi kekurangan atau kehilangan pekerjaan, namun dari situasi yang terjadi ini yang paling penting adalah jangan sampai berkurangnya atau hilangnya ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena itu merupakan kunci kehidupan yang hakiki, ” tutur Dankodiklatad.

Sementara itu, Dr. KH. Ahmad Humaedi, S.Ag., M.Si dalam ceramahnya menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini juga banyak memberikan pembelajaran yang luar biasa terhadap kehidupan manusia, diantaranya memperlihatkan bahwa Allah SWT itu Maha Kuasa dan dengan kekuasaannya itu dapat mengubah kehidupan manusia seperti saat ini.

Pembelajaran yang berikutnya dari pandemi ini adalah meningkatnya persatuan dan kesatuan serta solidaritas sesama manusia. Manusia juga jadi harus bersabar dan saling membantu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selalu berdoa dalam segala hal, karena yang dapat menolong dan menghentikan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini hanyalah Allah SWT. Karena dengan Doa akan membukakan jalan terbaik atas musibah yang terjadi bagi umat-NYA, terlebih di bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat ini.

Turut mengikuti kegiatan Nuzulul Qur’an 1442 H Wakil Komandan Kodiklatad, Wakil Inspektur, para Direktur dan seluruh personel Militer dan PNS yang beragama Islam.

(IMF/foto: TNI.AD)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah