Connect with us

Ekonomi Islam

Perbanyak Produk Halal, MUI Gandeng Organisasi Halal Jepang

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Dalam rangka memperbanyak produk halal yang beredar di negeri sakura, Jepang, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggandeng Japan Indonesia Halal Consulting Management (JPI). Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk memorandum of understunding (MoU) pada Senin (6/1) kemarin.

Wakil Direktur LPPOM MUI, Sumunar Jati berharap, dengan kerjasama tersebut dapat memperbanyak peredaran produk halal di Jepang. Apalagi bertepatan dengan momentum Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020.

“Jepang selaku tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020 akan. menerima tamu dari banyak negara, pastinya butuh makanan, minuman, dan produk halal,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman MUI.

Menurutnya, kerjasama tersebut bertujuan menjadikan Indonesia sebagai trend setter ekonomi halal di dunia, dengan melebarkan sayap di Jepang. Maklum, Indonesia mayoritas berpenduduk mulsim. Makanya, kata Jati, sudah seharusnya Indonesia menjadi leader dalam industri halal.

Wakil Presiden JIP, Eric Liu  punya harapan serupa. Menurutnya, dengan kerjasama tersebut JPI menjadi mitra strategis LPPOM MUI di Jepang. Dia menilai kebangkitan ekonomi negara-negara mayoritas muslim bermakna bahwa pangsa pasar Muslim semakin besar.

Dia memprediksi, pada 2023 pertumbuhan pasar syariah global diprediksi mencapai tiga triliun US Dolar.Selain itu, perkembangan ekonomi halal bahkan terlihat menanjak di tengah kelesuan ekonomi dunia.

“JPI juga ingin mengkonsolidasikan posisi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi halal di dunia,” pungkasnya.

[AHR/MUI]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam