Connect with us

Khazanah

Pemkot Pontianak Minta Kalangan Milenial Cinta Alquran

MTQ harus dimaknai bagaimana Islam dan Al Quran sebagai rahmatan lilalamin sebagai wujud diri bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

[PONTIANAK, MASJIDUNA] — Pemerintah kota Pontianak meminta generasi kalangan milenial mencintai kitab suci Alquran. Melalui musabaqah tilawatil quran (MTQ) tingkat kota Pontianak diharapkan menjadi momentum  tepat bagi generasi milenial manambah kecintaan terhadap Alquran.

Demikian disampaikan Walikota Pontianak, Provinsi Kalimantan barat, Edi Rusdi Kamtono saat membuka MTQ XXVIII tingkat Kota Pontianak 2020 i depan Taman Alun Kapuas, Minggu (16/1) kemarin. “Mudah-mudahan momentum MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Kota Pontianak ini bisa memberikan nilai tambah bagi generasi milenial untuk cinta terhadap Al Quran,” ujarnya.

Dia berharap nilai-nilai islami pun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan lainnya agar penyelenggaraan  MTQ XXVIII Kota Pontianak di tahun 2020 lebih meriah dari tahun sebelumnya. Terlebih, panitia juga menggelar pameran yang mengundang minat masyarakat berkunjung ke lokasi MTQ.

Selain itu, melalui MTQ itu  diharapkan mampu mencetak para qori dan qoriah yang nantinya akan mewakili Kota Pontianak untuk MTQ Tingkat Provinsi Kalbar, dan terus mengukir prestasi untuk mewakili Kalbar di tingkat nasional bahkan internasional.

Edi bilang,   MTQ  tak saja menjadi kegiatan rutin dua tahunan atau sekadar mencari juara. Namun, melalui pelaksanaan MTQ ini nilai-nilai universal yang terkandung dalam Al Quran ini bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Apalagi kemajuan teknologi yang tidak terbendung, tantangan yang dihadapi sebagai masyarakat, bangsa dan negara kian dinamis dan semakin besar,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, momentum MTQ ini harus dimaknai bagaimana Islam dan Al Quran sebagai rahmatan lilalamin sebagai wujud diri bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga Kota Pontianak menjadi kota yang makmur, damai, adil dan sejahtera.

“Saya yakin kalau isi kandungan dari Al Quran bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari akan membuat hidup kita lebih nyaman di dunia ini,” pungkasnya

Perlu diketahui, penyelenggaraan MTQ XXVIII Tingkat Kota Pontianak tersebut diikuti oleh 249 peserta yang mewakili enam kecamatan se-Kota Pontianak. Kegiatan digelar di depan Taman Alun Kapuas mulai tanggal 15 hingga 20 Februari 2020.

[AHR/Antara/foto:daruttauhid]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah