Connect with us

Ormas

PBNU Intruksikan Warga Nahdliyin Baca Salawat Thibbil Qulub Tangkal Corona, Apa Keutamaannya?

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengintruksikan warga NU untuk membaca salawat Thibbil Qulub. Instruksi ini dikirim ke seluruh jajaran struktur NU dari pusat hingga daerah.

Melalui surat Nomor: 3905/C.I.34/02/2020 tertanggal 10 Februari 2020, PBNU menginstruksikan warga NU untuk membaca salawat karya Al-Imam Ahmad al-Dardiri atau akrab dikenal Salawat Thibbil Qulub.

“PBNU mengintruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Cabang, Lembaga, Badan Otonom Nahdalatul Ulama dan Pondok Pesnatren di semua tingkatan agar membaca Shlawat Thibbil Qulub agar wabah virus corona segera teratasi dan khususnya bangsa Indonesia dilindungi dari wabah tersebut,” tulis intruksi yang diteken KH MIftahul Achyar (Pejabat Rais Aam), KH Yahya C Staquf (Katib Aam) serta Prof Dr. KH Said Aqil Siradj (Ketua Umum) dan Dr. Ir. H. A Helmy Faishal Zaini (Sekretaris Jenderal).

Apa keutamaan salawat Thibbil Qulub ini? Salawat yang juga disebut sebagai salawat Nurul Abshor ini, Habib Ahmad bin hasan Al’athos pernah bercerita: “Ada seorang laki-laki yag mengadu pada sayyidku Raw tentang penglihatan matanya yang melemah (rabun) kemudian beliau mengusap kedua matanya dan menyuruh untuk memperbanyak sholawat thibilqulub, beliau berkata “Habib Muhammad bin Zain Ba’bud pernah bercerita kepadaku beliau berkata: Suatu ketika mataku tidak bisa melihat kemudian aku mengeluh kepada Habib Sholih bin ‘Abdulloh Al-Athos, beliau mengusap kedua mataku dan menyuruh membaca sholawat Thibiil Qulub 300 X biidznillah mataku sembuh seperti semula”.

Riwayat lain juga menyebutkan Al-Syaikh Ahmad bin Ma’mun Al-bagitsi: Sayyid Abul’abas Ahmad bin ‘Aroby bin ‘Umar Al-munakisi pernah memberi ijazah kepadaku tentang fadhilah sholawat thibil qulub, bahwa sholawat ini mampu menolak penyakit hati ,ketika aku sudah mengambil amalan itu (qobiltu) aku bertanya pada beliau: “Maksud penyakit hati ini secara ma’nawi (ujub takabur dan lain-lain) atau kasat mata? (organ hati sakit), maka beliau menjawab:”kedua-duanya”.

Ada juga riwayat yang menyebutkan Al-Syaikh Dr Wahbah Zuhayly pernah ditanya apa memang benar sholawat itu mampu menyembuhkan penyakit? Beliau menjawab :(ia benar) Syaikh Hasyim Al-Khothib mengajarkan kepada kita (jika kamu sakit) maka letakkanlah tanganmu di pelipismu yang kanan dengan hati yang khusyu’ dan bacalah shoalwat Thibbil Qulub 10 kali, maka engkau akan sembuh biidznillah, ini sudah terbukti, aku sendiri yang mencobanya aku tak lagi memerlukan obat.

Berikut teks Salawat Thibbil Qulub:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

“Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami nabi Muhammad Saw, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

[RAN/Dari Berbagai Sumber/Foto: NU]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas