Connect with us

Safa Marwah

Pandemi Corona, Persiapan Petugas Haji Jalan Terus

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Pandemi Covid-19 tak menyurutkan  Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M serta kesiapan petugas nantinya. Komitmen agar tetap melaksanakan persiapan sebagaimana yang ditetapkan  menjadi hal penting yang terus dipegang Kemenag.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat membuka seleksi Petugas Haji non Kloter tingkat pusat, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (18/3). “Rangkaian rekrutmen petugas haji ini sangat penting, di mana semua aspek unit manajemen penyelenggaraan harus berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” ujarnya.

Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1441H/2020M, pemberangkatan kloter pertama bakal dimulai sejak 17 Juli 2020. Sedangkan kloter terakhir 26 Juli 2020. Menurutnya, pelaksanaan wukuf di arafah diprediksi bakal jatuh pada 30 Juli  2020. Dengan begitu, pemulangan jemaah haji yang pertama bakal dimulai pada 5 Agustus 2020. Sedangkan  akhir pemulangan 5 September 2020.

“Dengan demikian, maka petugas haji harus sudah tersedia semuanya (sebelum keberangkatan jemaah),” imbuhnya. 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar menambahkan penyiapan petugas haji mulai dari rekrutmen hingga pelatihan tetap berjalan sesuai RPH.  Gelombang pertama, pada 4 Februari 2020.  Rencananya bakal digelar seleksi PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi tingkat kabupaten kota.

“Dan ini untuk pertama kalinya, dilakukan dengan sistem CAT,” katanya.

Kemudian  13 Februari 2020 telah digelar  seleksi PPIH Arab Saudi tingkat Kanwil. Sedangka 28 Februari 2020, telah dilaksanakan pelatihan PPIH kloter selama 10 hari  kloter di 13 embarkasi.

“Hari ini berlangsung seleksi Petugas non Kloter atau PPIH Arab Saudi tingkat pusat. Selanjutnya dari yang lolos seleksi akan melaksanakan pelatihan selama 10 hari, rencananya akan dimulai pada 10 April mendatang,” tukasnya.

[AHR/Kemenag/foto:timesmalang.com]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Safa Marwah