Connect with us

Masjid

Muslim Papua Barat Diimbau Memakmurkan Masjid

Tak sekedar menjadikan tempat beribadah, tapi juga kegiatan ekonomi dan lainnya.

[MANOKWARI, MASJIDUNA] — Masjid sedianya tak saja sebagai tempat kegiatan beribadah semata. Namun masjid sejatinya menjadi tempat peradaban bagi berbagai aktivitas kehidupan umat. Itu pula yang menjadi ajakan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla dalam pengkuhan Ketua DMI Papu Barat, Jumat (13/11).

“Jangan masjidnya bagus, mewah tapi ekonomi masyarakat di sekitarnya rendah. Masjid bisa kita jadikan tempat untuk membina ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya menjadikan sebagai pusat peradaban kehidupan umat, merupakan bagian dalam memakmurkan masjid. Masjid tak saja dimanfaatkan sebagai kegiatan beribadah shalat, tapi juga sebagagi tempat dalam membina masyarakat. Dengan banyaknya aktivitas dari aspek ekonomi pun dapat menyejahterakan umat.

Papua Barat sebagai wilayah Indonesia yang memiliki nilai tinggi dalam penerapan toleransi antar umat beragama. Dia pun berharap agar masjid pun menjadi bagian dalam menjaga kehidupan yang harmonis antar umat beragama di bumi cenderawasih itu.

Tak lupa mantan Wakil Presiden (Wapres) era pemerintahan Susilo Bambang Yudhyono dan Joko Widodo  jilid I itu mengingatkan agar tetap menjaga masjid. Setidaknya supaya masjid tetap dalam kondisi nyaman ketika digunakan dalam berbagai aktivitas kehidupan.

“Memakmurkan masjid tidak sekadar dengan solat dan pengajian. Masjid juga harus bisa memberi manfaat lebih kepada masyarakat,” pungkasnya.

[AHR/Ant/Foto:suaraislam.id]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid