Connect with us

Ormas

Muhammadiyah Luncurkan Konsultasi Psikologi Dampak Corona

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Wabah virus corona yang terus menjalar berdampak pada banyak segi kehidupan manusia. Bukan hanya kesehatan fisik tapi juga psikis. Dipercaya, banyak orang yang cemas, stres dan depresi menghadapi wabah yang belum jelas ujungnya ini.

Karena itu, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) meluncurkan Senarai Perilaku Masa Pandemi Covid-19 (Sikuvid) dan Senarai Kecemasan Diri Masa Pandemi Covid-19 (Sikevid) sebagai alat untuk mengukur kondisi kesehatan fisik dan psikis masyarakat, pada Sabtu (25/4/2020).

Alat ini berupa cheklist/senarai yang dapat digunakan oleh relawan secara fleksibel dan mandiri dengan tetap menghormati etika profesi yang berlaku serta tidak harus diberikan oleh psikolog.

Alat ini dibuat karena program preventif promotif dan kuratif yang muncul di lapangan untuk mengukur seberapa besar risiko masyarakat terpapar virus serta kondisi psikologis masyarakat. Alat ini juga dapat digunakan para relawan untuk memudahkan mereka memetakan kondisi masyarakat terkait risiko terpapar virus dan risiko kecemasan.

“Jika ditemukan indikasi risiko dan kecemasan tinggi maka kita akan bisa lakukan sisi kuratif dengan memberikan konseling bagi yang cemas tinggi serta segera merujuk kepada Puskesmas/RS terdekat bagi yang risiko tinggi terpapar virus. Ini sekaligus dapat menjadi inisiasi untuk melakukan preventif dan promotif di titik-titik mana yang dibutuhkan, sehingga akan dapat terpantau segera,” ujar Ratna Setiyani, Psikolog selaku Psikolog LDP MCCC.

Hingga saat ini sudah ada 68 orang yang melakukan konsultasi dengan rincian 63 WNI dan 8 WNA. Mayoritas permasalahan yang dikonsultasikan terkait Covid-19 dan berdampak pada kondisi kejiwaan sehingga menyebabkan depresi bahkan ada yang ingin bunuh diri.

Fakta ini menunjukkan semakin lama wabah melanda, gangguan kesehatan jiwa pun makin terancam. Untunglah Muhammadiyah segera bertindak.

(IMF/foto:muhammadiyah.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas