Connect with us

Ekonomi Islam

Menag Dorong Pembangunan Gedung Pusat Layanan Halal Rampung Sesuai Rencana

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Pembangunan Gedung Pusa Layanan Halal Kementerian Agama terus berlangsung di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur. Menteri Agama Fahrul Razi mendorong agar pembangunan itu gedung dapat rampung dan beroperasi sesuai yang direncanankan, Maret mendatang.

“Saya berharap gedung Pusat Layanan Halal Kementerian Agama ini dapat dioperasionalkan secara penuh pada Maret 2020 sesuai rencana waktu pembangunan,” ujarnya saat meninjau progres pembangunan Gedung Pusat Layanan Halal Jumat (3/1) kemarin.

Dia berharap, rampungnya pembangunan gedung Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dapan berjalan jauh lebih cepat. Selain meninjau bangunan fisik, Menag juga mendengar paparan dari Kepala BPJPH Sukoso terkait maket pembangunan dan progres pelaksanaan proyek Gedung Pusat Layanan Halal Kementerian Agama.

Menurut Sukoso, luas seluruh bangunan Gedung Pusat Layanan Halal Kementerian Agama sekitar 9.262 menter persegi. Sukoso bilang, gedungan empat lantai itu dibangun mengunakan skema  Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp148 miliar lebih dengan target penyelesaian pekerjaan Maret 2020.

Menurutnya, sesuai dengan rencana pembangunan, satu lantai terdiri dari basement yang bisa menampung 40 kenderaan roda empat dan 70 kenderaaan roda dua. Sementara lantai I akan menjadi pusat layanan, lantai II, III dan IV akan dimanfaatkan untuk pegawai dan fasilitas pelatihan.

Pembangunan bangunan Gedung Pusat Layanan Halal Kementerian Agama dimulai pada November 2019. Saat ini pemancangan tiang pondasi sudah tampak menjulang di sejumlah sisi bangunan.  Nah, logo dari Gedung Pusat Layanan Halal Kementerian Agama ini adalah bintang segi delapan atau arah seluruh penjuru mata angin sesuai semangat layanan halal yang diusung.

“Semoga Bapak Menteri berkenan meresmikan bangunan ini pada Maret 2020 nanti,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam