Connect with us

Masjid

Masjid Tempat Sosialisasi Moderasi Beragama

[JAKARTA, MASJIDUNA] — “Moderasi Beragama ini kan adalah sebagai cara pandang atau perspektif dalam menentukan arah penyebaran ajaran agama di masjid”. Kalimat itu meluncur dari bibir Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Moh. Agus Salim di Jakarta, Senin (5/4).

Masjid sebagai tempat strategis dalam mendakwahkan moderasi agama mesti dioptimalkan. Termasuk dalam menyemai nilai-nilai Islam yang wasathiyah. Baginya, moderasi beragama mesti  diimplementasikan oleh takmir masjid sebagai wujud tanggung jawab dakwah Islam yang rahmatan lil alamin.

Dia menjelaskan, Kementerian Agama telah menerbitkan aturan tentang pengelolaan masjid melalui Peraturan Dirjen Bimas Nomor DJ.II/802 Tahun 2014. Beleid itu memuat masjid memiliki peran sebagai pusat pembinaan umat dalam melindungi. Kemudian memberdayakan dan mempersatukan umat untuk mewujudkan umat berkualitas,moderat dan toleran.

Karena itulah, fungsi masjid mesti dioptimalkan sebagai tempat dakwah agama. Kemudian praktik dalam beragama yang benar, serta sarana dalam mewujudkan kemakmuran masjid. Tak kalah penting, pemahaman umat islam agar memiliki cara pandang moderat. “Rukun, dan toleran di segala tingkatan masyarakat,” tukasnya.

[AHR/Bimasislam/ilustrasi:pixabay.com]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid