Connect with us

Ekonomi Islam

Masjid Sunda Kelapa Salurkan Wakaf Masyarakat, Global Wakaf jadi Nazhir

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Masjid Sunda Kelapa mempercayakan Global Wakaf untuk  menyalurkan wakaf masyarakat. Keputusan Masjid Sunda Kelapa terinspirasi dengan pendistribusian 1000 karton air minum gratis di lima masjid di Jakarta oleh Global Wakaf bersama Aksi Cepat Tanggap(ACT)

“Ada sebagian yang kita salurkan kepada Global Wakaf-ACT,” ujar Sekretaris Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa Ismed Hasan Putro di Jakarta, Senin (10/2) kemarin.

Dia beralasan Global Wakaf dan ACT  telah memiliki jejak rekam dan sejarah panjang dalam mengelola wakaf. Khususnya wakaf yang diterima Masjid Sunda Kelapa dari berbagai pihak. Karenanya, Bagi Ismen, menjadi penting untuk merekomendasikan Global Wakaf-ACT ke berbagai pihak. Pendek kata, Global Wakaf-ACT pun menjadi nazhir yang mengelola wakaf.

Ismed menegaskan, penghimpunan wakaf di Masjid Sunda Kelapa sudah berlangsung puluhan tahun. Bagi Masjid Sunda Kelapa, wakaf pada dasarnya adalah aktivitas umat yang maslahatnya juga akan kembali ke umat. Nah wakaf yang terkumpul selalu konsisten disalurkan oleh Masjid Agung Sunda Kelapa.

“Apapun itu bentuknya, termasuk wakaf yang kita terima dari sekian banyak jemaah dan dari warga yang berada di sekitar Menteng, ataupun juga pendatang lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan wakaf air minum, Manajer Program ACT  Eka Setiawaty mengatakan cara tersebut sebagai upaya mengedukasi dan menginspirasi  masyarakat agar lebih tergerak untuk berwakaf. Rencananya, pendistribusia air minum wakaf bakal digelar secara rutin ke sejumlah tempat.

Per Februari ini, Global Wakaf – ACT menargetkan sebanyak 100 masjid di Jabodetabek, Banten, dan Bogor mendapatkan Air Minum Wakaf. Untuk jangka panjang, ada 1.000 masjid yang akan mendapatkan Air Minum Wakaf.

Terhadap kegiatan Wakaf Air Minum, Ismed merespon positif. Menurutnya Masjid Sunda Kelapa pun mendapatkan wakaf air minum sebanyak 100 karton. Dia menilai pendistribusian wakaf air minum amatlah bermanfaat bagi jamaah masjid khususnya. Pasalnya beberapa aktivitas masyarakat juga dilakukan di dalam masjid. Apalagi di bulan ramadhan nanti, jamaah masjid amat terbantu dengan wakaf air minum lantaan adanya kegiatan berbuka puasa maupun itikaf di Masjid Sunda Kelapa

“Ini sudah bulan kedua kami menerima Air Minum Wakaf, dan alhamdulillah dampaknya cukup positif buat jemaah dan jemaah juga kerap bertanya kalau ada kekosongan. Jadi kita berharap, stok dari Air Minum Wakaf ini dapat mendukung secara kontinu aktivitas jemaah Masjid Agung Sunda Kelapa,”  pungkasnya.

[AHR/ACT]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam