Connect with us

Masjid

Masjid Pusat Moderasi Bakal Dibangun di Solo

[ABUDHABI, MASJIDUNA] — Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) bakal membagun sebuah masjid di Solo. Begitu pula pusat pengarusutamaan moderasi. Kepastian pembangunan masjid diucapkan Menteri Agama (Menag) Facrul Razi dalam rangkaian kunjungan kerja di Abu Dhabi, Selasa (17/12).

“Masjid yang akan dibangun di Solo nantinya harus dapat menjadi Pusat Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Indonesia,”ujarnya.

Menurutnya pembangunan masjid di Solo sebagai bentuk komitmen kedua negara dalam rangka kerjasama pengarusutamaan moderasi beragama di kedua negara. Dia yakin, masjid tersebut daat dikelola secara profesional yang terintegrasi dengan Islamic Center.

Menurutnya, imam masjid pun bukan tidak mungkin bakal didatangkan dari UEA. Sebaliknya, imam masjid di Indonesia dapat dikirimkan ke UEA. “Intinya masjid ini harus dapat menjadi simbol tolernasi dan harmoni,” imbuhnya.

Perkembangannya, rencana pembangunan masjid masih dalam tahap pengurusan aset tanah dari Pertamina. Ground breaking pembangunan masjid rencananya bakal dilakukan pasca Presiden Joko Widodo bertemu Pangeran Muhammad Bin Zaid awal Januari 2020.

Saat di UEA, Menag bertandang ke Grand Mosque Abu Dhabi. Dia terinspirasi dengan manajemen masjid yang profesional dan modern. Grand Mosque Abu Dhabi tak saja mewah dan megah secara konstruksi, namun juga menampilkan dan mengajarkan nilai-nilai Islam yang terbuka, toleran, dan inklusif. Masjid ini dapat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara dengan berbagai latar belakang agama dan ras.

“Saya berharap  masjid yang akan dibangun di Solo nanti dapat mencerminkan nilai-nilai seperti itu,” pintanya.

Dia mengingatkan, pemeluk agama boleh jadi tak membaca kitab suci pemeluk agama lainnya. Namun,  mereka bisa saling membaca melalui perilaku dan sikap masing-masing. “Di situlah pentingnya mengamalkan nilai keagamaan dalam prilaku hidup, termasuk dalam toleransi dan keterbukaan,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid