Connect with us

Masjid

Masjid Diimbau Bantu Siswa Sediakan Wifi Gratis

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Keluhan para orang tua dan siswa soal pembelajaran jarak jauh (PJJ), bersumber pada satu persoalan yaitu internet. Banyak siswa, terutama dari keluarga miskin, tidak mampu menyediakan kuota internet untuk memperlanjar proses belajar mengajar jarak jauh.

Menghadapi persoalan tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia M Natsir Zubaidi mengajak masjid yang memiliki kapasitas agar dapat memasang wifi yang dapat diakses gratis oleh siswa. Tujuannya tidak bukan untuk membantu para siswa belajar jarak jauh di masa Covid-19.

“Masjid hendaknya bisa memasang wifi guna bantu anak usia sekolah untuk belajar di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Natsir di Jakarta, Senin (3/08/2020).

Menurut Natsir, Indonesia memiliki wilayah yang begitu luas sehingga terjadi disparitas fasilitas jaringan internet. Nah, di sinilah masjid bisa ambil peran untuk membantu para siswa yang memiliki keterbatasan akses.

“Masjid yang jumlahnya sekitar 850 ribu itu bisa membantu memberikan fasilitas belajar mengajar baik kepada siswa maupun kepada relawan pegiat pendidikan,” katanya.

Apalagi, beberapa masjid di Indonesia memiliki kemampuan memasang wifi gratis, bahkan termasuk menyediakan komputer dan stasiun pengisian daya ponsel (charging station) bagi anak usia belajar. Tentu penyediaan itu harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Saat ini adalah momentum yang tepat untuk mengembalikan remaja aktif dan mencintai masjid dengan memberikan fasilitas kepada pusat minat mereka sehingga selain belajar mereka juga bisa beribadah dan berdoa.

Layanan internet gratis itu menjadi bagia dari peran peran masyarakat dalam konteks tanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat.

“Tanggung jawab pendidikan tidak hanya oleh pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat,” ujar Natsir.

(IMF/foto: faktaIndonesianews.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid