Connect with us

Masjid

Masjid Didorong Lebih Produktif

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Peran masjid di era sekarang, jangan hanya dilihat sebatas bangunan rumah ibadah. Tapi juga ada aktivitas produktif jamaah di dalamnya. Salah satunya memberikan konten dakwah bagi masyarakat, termasuk kelompok milenial, dan moderasi beragama.

Hal itu mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Masjid (SIMAS) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimas Islam, Kementerian Agama di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Karena itu, Ditjen Bimas Islam mendorong masjid agar bisa produktif dalam pengarusutamaan moderasi beragama dan peningkatan kualitas keagamaan umat.

“Kita tidak hanya memikirkan masjid sebagai bangunannya saja, tetapi juga aktifitas di dalamnya,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Untuk itu, Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam harus menyiapkan program yang dapat mendorong produktifitas masjid dan mushala tersebut. “Kita harus dapat secara kreatif dan inovatif mengembangkan potensi masjid dan mushalla. Salah satunya menyiapkan konten-konten dasar terkait kegiatan di masjid,” pesan Dirjen.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Moh. Agus Salim, mengatakan pentingnya memperhatikan kemajuan teknologi informasi dalam pengembangan SIMAS.

“Oleh karena itu, perlu melakukan pengembangan terhadap SIMAS, salah satunya penambahan fitur pengajuan bantuan masjid dan mushalla, termasuk data realtime masjid dan mushalla,” imbuh Agus Salim.

“Dengan tambahan fitur bantuan masjid dan mushalla, dapat mendorong pengajuan berkas permohonan bantuan secara paperless,” harap Agus Salim.

(IMF/foto:suaramasjid.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid