Connect with us

Masjid

Masjid Cut Nyak Dien, Simbol Kebangkitan Umat

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Di Jakarta, ada dua masjid yang diambil dari nama dua pahlawan asal Aceh yang letaknya berdekatan, yaitu Masjid Cut Mutia dan Masjid Cut Nyak Dien. Keduanya berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta. Keduanya menyimbolkan semangat perjuangan umat dan bangsa Indonesia.

Masjid Cut Nyak Dien baru saja direnovasi dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Minggu (1/3/2020). Masjid yang didirikan pada 1984 itu, memang dibanguan oleh Pemda DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Soeprapto. Masjid dua lantai yang terletak di kawasan ramai itu, disebut Anies Baswedan sebagai masjid yang sering dia kunjungi untuk salat Jumat selain masjid di Balai Kota.”Saya biasanya salat Jumat di sini, di bawah tapi. Salat Jumatan paling sering di sini, di luar Balai Kota ya di Cut Nyak Dien,” kata Anies sebelum menandatangani prasasti peresemian renovasi.

Menurut Anies, masjid haruslah menjadi tempat kebangkitan umat selain rumah. Karena itu, masjid bukan hanya untuk kegiatan salat saja tapi juga untuk kegiatan kemasyarakatan. “Saya ingin sampaikan pesan yang sudah saya sampaikan berkali-kali, bahwa masjid harus terus menjadi pusat kegiatan. Bukan saja ibadah tetapi juga untuk kegiatan kemasyarakatan,” katanya.

Hadir dalam acara menjelang maghrib itu Ustad Abdul Somad dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Syafruddin.

(IMF/foto: makandanjalanseru.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid