Connect with us

Masjid

Masjid Biru Warisan Turki Usmani yang Eksotik

[ISTANBUL, MASJIDUNA] – Berkunjung ke Turki tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi masjid biru (blue mosque) yang terletak di jantung kota Instanbul, Turki. Masjid eksotik ini masuk kategori instagramable, yang layak menjadi spot foto.

Kontributor MASJIDUNA Afwan Faizin dari Istanbul, Turki melaporkan Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed I dari Kesultanan Usmani berada di kota Istanbul, Turki. Memasuki halaman depan masjid terdapat taman luas yang pada zaman Byzantium adalah tempat pertandingan gladiator.

Bangunan pertama adalah German Fountain yang dibangun oleh Jerman karena hubungan baik Jerman dan kesultanan Usmani. Di halaman terdapat pula tugu obelik, tugu untuk menambatkan kuda para gladiator.

Memasuki gerbang masjid para pengunjung perempuan diharuskan pake kerudung dan rok panjang. Pengunjung laki-laki dilarang pakai celana pendek dan diharuskan memakai rok yang sudah disiapkan. Para pengunjung harus antre panjang untuk memasuki masjid karena banyaknya pengunjung. Di bagian dalam hanya dibolehkan di bagian belakang dengan pembatas karena di bagian depan dipergunakan untuk ibadah.

Ornamen dan kaligrafi yang sangat indah menjadi spot foto favorit para pengunjung. Keluar ke taman sebelah samping masjid terdapat taman luas yang di nun di seberang sana terdapat Haggia Sofia atau Aya Sofia yang sangat terkenal. Di sebelah kiri taman terdapat makam sultan Ahmed I.

Dinamakan Masjid Biru karena kubah masjid tersebut berwarna biru. Masjid ini terdiri dari 6 menara yang menjulang sebagimana umumnya masjid di Turki. Saat ini masjid ini sedang direnovasi. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid