Connect with us

Masjid

Masjid Ainul Hakim di Kantor Golkar, Mengambil Filosofi Pohon Beringin

[JAKARTA, MASJIDUNA]– Bertepatan dengan ulang tahun Partai Golkar ke-57, diresmikan pula Masjid Ainul Hakim di lingkungan partai berlambang pohon beringin itu.

Masjid dengan arsitektur tanpa kubah itu, mengambil lokasi tepat di Jalan Anggrek Nely Murni, Slipi, Jakarta Barat.

Masjid Ainul Hikmah itu didesain oleh arsitek Her Pramtama yang juga merupakan cucu dari Friedrich Silaban, perancang Masjid Istiqlal, Jakarta.

Pria yang akrab disapa Temmy ini menjelaskan, filosofi dalam rancanganya berasal dari pohon beringin.

“Gubahan bentuk massa bangunan berupa bentuk persegi menyiratkan bentuk pohon beringin yang padat dan solid,” kata Temmy dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Selain itu, Temmy pun mengekspresikan karakteristik akar gantung pada pohon beringin lewat fasad atau muka bangunan yang berupa deretan pilar tinggi.

“Ada 44 pilar yang mengelilingi selubung masjid ini. Filosofinya diambil dari Asmaul Husna ke 44 yaitu Al Mujiib, artinya Yang Maha Mengabulkan,” terang Temmy.

Dengan makna tersebut, Masjid Ainul Hikmah diharapkan dapat memberikan pesan bahwa untuk betapa pentingnya ridho Allah SWT dalam setiap perjuangan masnusia.

Adapun, bentuk pilar-pilar tersebut, yang membesar di bagian atas dan mengecil di bagian bawah, menjadi isyarat dari wujud pohon beringin yang tumbuh membesar dari bawah.

“(Bentuk pilar-pilar) ini memiliki makna agar jamaah yang beribadah di masjid ini untuk senantiasa selalu ingat asal usul manusia yang diciptakan dari tanah,” ungkap alumnus Universitas Trisakti tersebut.

Lebih lanjut, bentuk lengkungan di antara setiap pilar juga mengambil citra dari pohon beringin yang memang jadi ide utama desain Masjid Ainul Hikmah.

Bentuk lengkungan tersebut menyiratkan karakter mengayomi dan meneduhkan yang juga dapat dirasakan ketika berada di bawah pohon beringin.

Tak hanya dari luar, gubahan bentuk lengkung tersebut pun dapat dirasakan di sisi dalam masjid, yang mana jika ada cahaya Matahari yang masuk maka akan menciptakan suasana dramatis.

Ditambah lagi, warna krem yang mendominasi fasad masjid tersebut tak hanya tampak selaras dengan identitas Partai Golkar sendiri, namun juga memberi kesan ketenangan dan ketulusan.

Kemudian, untuk konsep spasialnya, Temmy menuturkan bahwa Masjid Ainul Hikmah terdiri atas lantai utama dan lantai mezanin.

Dengan sirkulasi pada ketiga sisi di lantai utamanya berupa selasar yang juga bisa dimanfaatkan untuk area penerimaan pengunjung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid