Connect with us

Pendidikan Islam

MAN Batam Gunakan Kartu Pelajar Digital

[BATAM, MASJIDUNA] —  Perkembangan dunia digital mengharuskan semua bidang bergerak melakukan perubahan. Dari sistem konvensional, diubah menjadi digital. Apalagi memasuki revolusi industri 4.0. Itu pula yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batam. Inovasi dengan menggunakan karu digital, sebagai langkah mengganti kartu pelajar konvensional.

Kepala MAN Batam, Khairina, menjelaskan bahwa program ini sudah dirancang sejak 2018. Kartu itu dikembangkan dengan menggandeng Bank BNI Syariah. Kartu pun sudah didistribusikan kepada siswa sejak 24 April 2019.

Namun, karena ada kendala teknis, baru dirilis 2019. Untuk tahap awal, kartu ini diujicobakan pada siswa kelas XI. “Ke depan, seluruh siswa akan mendapat kartu ini dan menggunakannya untuk berbagai manfaat dan kegunaan  lainnya,” ujarnya Batam, Selasa (03/09) kemarin, sebagaimana dilansir laman Kemenag.

Khairina mengakui  masih diperlukan sosialisasi, terutama kepada orang tua, agar memahami benar penggunaan aplikasi PSP ini. Saat ini, MAN Kota Batam masih menunggu kedatangan alat pindai yang masih dalam pengiriman. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk sosialisasi, baik ke siswa maupun orang tua. 

“Insya Allah di tahap awal, kartu akan digunakan untuk proses transaksi di Koperasi,” terang Khairina.

Kepala Cabang Pembantu BNIS Batuaji, Abdi Tunggal menambahkan, menjelaskan para siswa dapat mengambil manfaat dari kartu ini. Selain sebagai identitas, kartu ini juga dapat digunakan sebagai alat transaksi non tunai di Koperasi atau Kantin MAN Batam.

“Ini juga sebagai kartu absen, di mana setiap siswa masuk atau pulang, maka notifikasi akan otomatis terkirim ke aplikasi Platform Sekolah Pintar (PSP) yang sudah diunduh oleh orang tua siswa. Begitu juga untuk setiap transaksi,” tutur Abdi.

Siswa kelas XI MAN Kota Batam, Dianisa, mengaku antusias dan gembira dengan adanya kartu digital. Dia menilai kartu itu dapat memudahkannya dalam bertransaksi. “Kesannya sangat modern dan bergengsi. Semoga segera bisa dioperasikan,” ujar Dianisa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain Umar mengapreiasi inovasi MAN Kota Batam. Apresiasi tersebut dia sampaikan usai menyimak penjelasan operator MAN Kota Batam, Zaky. “Luar biasa, bangga dan sukses selalu untuk MAN Batam,” pungkasnya. [GZL]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam