Connect with us

Khazanah

Makam Keramat Luar Batang Favorit di Momentum Politik

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Makam keramat Luar Batang salah satu destinasi wisata religi populer bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Posisi yang berada di ibukota, memudahkan siapa saja berziarah ke makam keramat ini. Tak terkecuali para pejabat, politisi dan tokoh yang memiliki hajat dalam kontestasi politik.

Suasana makam Keramat Luar Batang pada Rabu (9/10/2019) malam sekitar pukul 22.00 masih menunjukkan aktivitasnya. Pantauan MASJIDUNA, Para pengunjung silih berganti memasuki makam yang terletak di lokasi masjid ini. Makin larut makin banyak masyarakat yang hadir untuk berziarah. Peziarah membaca yasin dan tahlil secara khusyu’.

Makam yang dikenal dengan sebutan “Makam Keramat Luar Batang” ini terdapat dua makam yang berjarak sekira dua meter dalam satu lokasi. Kuburan utama terletak di tengah lokasi, sedangkan makam satunya lagi berada di pinggir. Makam yang utama itulah posisi makam Habib Husein bin Abubakar Alidrus. Sedangkan makam yang letaknya di pinggir merupakan makam murid Habib asal Hadramaut, Yaman Selatan ini yakni Haji Abdulkadir.

Makam Habib Husein bin Abubakar Alidrus

Sebutan “Luar Batang” tidak terlepas dari sejarah Habib Husein. Dalam buku “Habaib Pakunya Tanah Jawa; Menelusuri Jejak Dakwah. Tirakat 25 Turunan Rasulluah SAW” karya Nur Hakim Syakh disebutkan dari kisah saat Habib Husen meninggal dunia. Saat jenazah Habib Husein berada di keranda, namun entah bagaimana ceritanya tetiba menghilang. Dari cerita inilah masyarakat menyebutnya “Keluar Batang”, dengan artian jenazah Habib Husein keluar dari keranda (batang).

Saat MASJIDUNA berbincang dengan petugas parkir di area Makam Keramat Luar Batang, mengatakan kedatangan masyarakat akan membludak di setiap hari Kamis malam Jumat. “Namun kalau para tokoh biasanya di luar hari Jumat,” sebut petugas parkir yang enggan menyebutkan namanya itu.

Makam Murid Habib Husein Haji Abdulkadir

Ia menyebutkan sejumlah tokoh yang pernah berziarah ke makam keramat Luar Batang. Seperti Ridwan Kamil, Anies Baswedan dan sejumlah tokoh lainnya. Kehadiran mereka dilakukan sebelum pelaksanaan pilkada di DKI Jakarta dan Jawa Barat. “Banyak tokoh lagi yang berziarah ke sini,” ujarnya.

Saat jelang Pemilu 2019 lalu, tak sedikit tokoh yang mengunjungi makam ini. Juru Parkir di area makam keramat Luar Batang ini juga mengungkapkan beberapa hari jelang pengumuman kabinet Presiden Jokowi di periode kedua ini juga banyak tokoh-tokoh yang hadir. “Dulu saat mau pemilu banyak yang ziarah oleh para tokoh-tokoh. Saat ini jelang pengumuman kabinet juga banyak,” imbuh juru parkir itu.

Ia pun bercerita pada Rabu (9/10/2019) petang terdapat salah satu kepala daerah dari Jawa Timur yang berziarah ke makam keramat Luar Batang. Figur yang dimaksud kebetulan namanya muncul dalam bursa kabinet Presiden Jokowi jilid kedua ini.

[RAN/Foto: MASJIDUNA]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah