Connect with us

Ekonomi Islam

Lembaga Sertifikasi Halal Amerika Jajaki Kerjasama Kemenag

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Pimpinan Lembaga Sertifikasi Halal Amerika (ISWA Halal Certification Departement), Habib A Ghanim menyambangi Kementerian Agama. Pertemuan dengan Menteri Agama Fahcrul Razi, dalam rangka menjajaki kemungkinan kerjasama antar kedua belah pihak dalam hal sertifikasi halal.

Menurut Habib, ISWA Halal berharap besar agar sertifikasi yang diterbitkan mendapat mengakuan dari lembaga terkait di Indonesia. Sebab melalui kerjasama yang dijalinnya dapat mempermudah terhadpa sertifikasi halal yang diterbitkan ISWA dapat berlaku di Indonesia.

Merespon tawaran ISWA, Menteri Agama Fachrul Razi menyambut positif.  Meski begitu, kerjasama dengan pihak luar negeri mesti melibatkan Kementeria Luar Negeri (Kemenlu). “Kita akan diskusikan lebih jauh. Karena itu menjadi domain Kementerian Luar Negeri juga,” ujarnya, Rabu (13/11).

Baginya, dukungan yang diberikan ISWA pun berdampak positif dalam mengemangkan ekonomi syariah dengan berbasis halal. Menurutnya, pihak Kemenag pun bakal memberikan yang terbaik bagi ISWA. “Kita dapat support anda. Kita akan lakukan yang terbaik untuk anda,” katanya.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJH Kementerian Agama Mastuki mengatakan, kerjasama serupa sedang digarap Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Sebab dengan begitu tujuan kerjasama  sebagai upaya pengakuan hasil sertifikasi dari kedua belah pihak.

“Hasil dari produk yang telah disertifikasi oleh Indonesia juga bisa masuk ke negara lain,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam