Connect with us

Khazanah

Kutip Ibnu Sina, Jokowi Ajak Rakyat Tetap Tenang

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Presiden Jokowi mengutip pernyataan Ibnu Sina dalam sambutan “Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan” yang diunggah chanel Youtube dan disiarkan langsung oleh TVRI, Kamis (13/5/2020).

“Marilah kita hadapi cobaan ini dengan tenang dan sabar. Kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah titik tolak kesembuhan,” kata Jokowi.

Pernyataan Ibnu Sina tersebut sebelumnya pernah tersebar di media sosial. Ibnu Sina adalah tokoh pengobatan muslim di abad pertengahan yang teori-teori pengobatannya masih berlaku sampai sekarang.

Melalui wabah yang terjadi, Jokowi juga mengajak masyarakat meningkatkan solidaritas dan kepedulian.

“Bangkitnya rasa kemanusiaan bangkitnya rasa persaudaraan dan bangkitnya rasa persatuan dari seluruh penjuru adalah sebuah kekuatan mahabesar yang menambah keyakinan saya musibah ini insyaallah akan mampu kita atasi bersama,” katanya.

Pada masa wabah ini, Jokowi mengajak warga berikhtiar dan berdoa. “Selain berikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib ikhtiar batiniah dengan tidak henti-hentinya memanjatkan doa memohon pertolongan Allah SWT agar rakyat agar bangsa dan negara kita juga dunia segera terbebas dari pandemi ini, agar kita semuanya diringankan, disingkirkan dari segala musibah. Marilah kita bersama-sama tundukkan kepala, merendahkan hati kita memohon pada Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang diberikan kesabaran menerima musibah ini dengan lapang dada, diberikan kekuatan agar kita semua bisa selamat dan melewati ujian yang diberikan oleh Allah SWT,” ujar Jokowi.

(IMF/foto:istimewa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah