Connect with us

Safa Marwah

Kloter Terakhir Jamaah Haji Terbang ke Mekah

[BEKASI, MASJIDUNA] —  Calon jamaah haji yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 97 embarkasih Bekasi Jawa Barat akhirnya terbang ke tanah suci, Arab Saudi. Sebanyak 353 calon jamaah haji merupakan kloter terakhir yang bertolak dari tanah air menuju tanah suci.

Demikian disampaikan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Jawa Barat, Buchori sebagaimana dilansir dari laman Kemenag.  “Kloter 97 ini merupakan gabungan calon jemaah haji dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat,” ujarnya.

Menurutnya, Jawa Barat memperoleh kuota tambahan sebanyak 363 orang dari 10.000 kuota tambahan uang diberikan pemerintah Arab Saudi. Dia mengatakan, dari kuota Jabar berjumlah 39.430 orang, hampir sama dengan jemaah yang berangkat yaitu 39.430 jemaah. Termasuk petugas kloter. 

“Tambahan kuota jemaah memang tidak seluruhnya terkosentrasi di kloter 97 tapi ada juga naik kloter 80 ke atas, karena memang proses administrasinya belakangan, dan seluruhnya berangkat di fase keberangkatan gelombang kedua,” imbuhnya.

Buckhori berpesan agar jamaah  mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Khususnya menjaga kesehatan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina.  Maklum, kondisi kesehatan dalam melaksanakan lempar jumrah hingga sai dari safa marwah memerlukan fisik yang cukup sehat.

Dilansir dari Siskohat, hingga tanggal 06 Agustus 2019 pukul 05.56 waktu Arab Saudi, jumlah jemaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 210.698 jemaah atau 524 kloter. Jumlah jemaah yang wafat berjumlah 73 jemaah.  [hdt]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Safa Marwah