Connect with us

Pendidikan Islam

Ketika Perguruan Tinggi Islam jadi Pusat Peradaban

[MAKASSAR, MASJIDUNA] — Membangun sebuah peradaban mesti melalui jalur pendidikan. Menjadi penting sebuah pendidikan lantaran menjadi proses dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan. Karena manusia berkualitaslah yang bakal menggengamm zaman. Nah sebab itulah, perguruan tinggi dan keagamaan Islam negeri (PTKIN) menjadi keharusan menjadi pusat peradaban di Indonesia.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani dalam acara Dies Natalis ke-55 UIN Alauddin Makasar, Kamis (05/11) kemarin. “Semoga UIN Alaudin Makassar tetap memiliki pijakan yang kuat dalam memperjuangkan hakikat kediriannya, dalam memperjuangakan kemuliaan untuk peradaban yang lebih baik,” ujarnya.

Dia yakin keberadaan UIN Alauddin Makassar  mampu menciptakan ilmuwan dan cendikiawan yang berkarakter keulamaan. Pendidikan, kata pria biasa disap Dhani itu, tak lepas dari  penguatan literasi dan daya saing. Sementara penguasaan literasi dalam membangun peradaban menjadi hal penting. Pasalnya menjadi  menjadi sarana untuk meyakini sebuah kebenaran. 

Seperti dalam menjustifikasi kebenaran mesti memiliki kemampuan literasi  dan logika  yang kuat. Kemampuan literasi mampu memfilter informasi yang tidak diketahui kebenarannya. Baginya, Indonesia memiliki daya saing yang kuat, karena memiliki sumberdaya manusia yang melimpah. Hal ini menjadi modal dalam berinovasi untuk membangun peradaban Indonesia yang diakui dunia.

Dia mengingatkan, sebagai pendidik hakikatnya sedang mengantarkan mahasiswa memasuki masa depan yang lebih baik. Mahasiswa memang harus menjadi pemilik masa depan. “Saat ini kita sedang menyiapkan generasi masa depan yang akan menjadi pemilik zamannya, tentunya yang memiliki kemampuan literasi yang kuat dan memiliki daya saing yang kuat pula,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag/Ilustrasi:HuseinMuhammad.net]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam